Sukses

Bola Ganjil: Berkali-kali Membelot ke Klub Rival, Ronaldo Sampai 2 Kali!

Membelot ke klub rival utama jadi hal tabu di sepak bola. Apalagi melibatkan klub sekota. Tidak seperti Ronaldo, tetap ada saja pemain yang membelot ke rival terbesar. Beberapa bahkan melakukannya di dua kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Membelot ke klub rival utama jadi hal tabu di sepak bola. Apalagi melibatkan klub sekota.

Lihat saja ketika kabar Cristiano Ronaldo beredar musim panas lalu. Ingin meninggalkan Juventus, pemain asal Portugal itu tertarik pergi ke Manchester City.

Berita ini memicu reaksi keras di kubu Manchester United (MU). Fans berteriak dan menetapkannya sebagai pengkhianat meski Ronaldo belum resmi berlabuh di Stadion Etihad. Mereka tidak terima pahlawan yang memberi prestasi dalam periode pertama pada 2003-2009 itu pergi ke tetangga berisik.

Kekhawatiran suporter Setan Merah akhirnya tidak jadi kenyataan. Manajemen MU bergerak sigap menyalip Manchester City. Manajer legendaris Sir Alex Ferguson dan eks penggawa MU juga meyakinkan Ronaldo agar pulang ke Old Trafford. Sang bintang pun kembali mengenakan seragam merah.

Tidak seperti Ronaldo, tetap ada saja pemain yang membelot ke rival terbesar. Beberapa bahkan melakukannya di dua kompetisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Asli

Ternyata ada banyak yang masuk daftar dan reputasi mendunia. Ronaldo Nazario membela Barcelona, Real Madrid, serta dua klub Milan. Tidak hanya itu, dia juga bermain di El Clasico dan Derby della Madonnina di kubu berbeda.

Lebih spektakuler lagi, Ronaldo mencetak gol untuk tim yang diperkuatnya pada dua partai prestisius tersebut.

Miquel Soler memperkuat Espanyol Barcelona, Atletico Madrid, serta Real Madrid. Meski begitu, dia tidak pernah dianggap sebagai pengkhianat oleh masing-masing klub.

Mereka justru menganggap Soler sebagai simbol profesionalisme.

3 dari 4 halaman

Di Liga Inggris

Dari Inggris ada beberapa sosok yang mencolok. Peter Beardsley memperkuat dua klub Merseyside, Liverpool dan Everton. Dia juga sempat membela MU serta menjalani masa pinjaman bersama Man City.

Ada George Livingstone yang membela dua klub utama Manchester dan Glasgow. Andy Cole memperkuat duo Manchester serta Newcastle United dan Sunderland.

Sementara David Burrows bermain untuk dua klub Merseyside serta tiga klub bermusuhan di area Midlands yakni West Bromwich Albion, Coventry City, dan Birmingham City.

 

4 dari 4 halaman

Pemain Putri Juga Ada

Di sektor putri juga ada meski rivalitasnya tidak sesengit putra. Alex Greenwood menimba ilmu di Akademi Everton dan menembus tim utama pada 2010.

Dia kemudian pergi ke Liverpool sebelum hengkang ke MU. Kini Greenwood sedang membela Manchester City sejak 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.