Sukses

Daftar Negara Tersukses di Piala AFF, Indonesia Masih Penasaran Kejar Gelar Juara

Tinta manis belum pernah ditorehkan timnas Indonesia selama ambil bagian dalam ajang Piala AFF. Thailand justru menjadi yang tersukses.

Liputan6.com, Jakarta Tim Nasional (Timnas) Indonesia telah dinanti agenda besar pada akhir tahun 2021, yaitu Piala AFF 2020. Skuad Garuda tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Tentunya, Vietnam dan Malaysia adalah lawan terberat Timnas Indonesia.

Menariknya, anak asuh Shin Tae Yong itu harus berhadapan dengan Malaysia dan juga Vietnam. Pasalnya, Malaysia selama ini dikenal sebagai musuh bebuyutan Timnas Indonesia. Sementara Vietnam saat ini berstatus sebagai tim terbaik di Kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan antara Indonesia dan Malaysia sendiri sedikit banyak menyisakan sakit di hati para pecinta Timnas Indonesia. Sebab, pada gelaran edisi 2010 lalu, Indonesia yang begitu tampil dominan dan trengginan di bawah asuhan coach Alfred Riedl, harus tertunduk lesu di babak final setelah kalah agregat dari Malaysia yang sukses merengkuh gelar perdana mereka.

Sementara itu, calon lawan lainnya adalah Vietnam yang saat ini berstatus sebagai tim terbaik di Asia Tenggara. Selain menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran final kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Vietnam saat ini juga memiliki peringkat FIFA terbaik diantara negara-negara Asean lainnya.

Sejauh ini, Thailand menjadi negara tersukses dalam gelaran turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara tersebut. Tim Gajah Putih telah mengoleksi juara sebanyak lima kali pada ajang Piala AFF.

Melansir situs resmi affsuzukicup, ajang Piala AFF pertama kali digelar di Singapura pada 1996. Piala Tiger menjadi nama turnamen pada saat itu. Sebab, bir Tiger menjadi sponsor utamanya hingga 2004, sebelum namanya diganti menjadi Piala AFF. Pada saat itu, Thailand menjadi negara pertama yang mendapatkan gelar Piala AFF.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurang Beruntung

Tinta manis belum pernah ditorehkan timnas Indonesia selama ambil bagian di Piala AFF. Skuad Merah Putih, menjadi negara paling sering menjadi runner-up sebanyak lima kali.

Tak mengherankan bila timnas Indonesia penasaran betul untuk menjadi juara Piala AFF. Berbagai upaya dan persiapan maksimal selalu dilakukan agar bisa membawa trofi itu ke tanah air.

Untuk diketahui, Laga perdana Indonesia dalam Piala AFF 2020 akan berlangsung pada 9 Desember 2021 melawan Kamboja. Selanjutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian, dan Malaysia pada Minggu, 19 Desember 2021. Semua pertandingan Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Juara

Berikut adalah daftar juara Piala AFF:

1. Thailand 5 kali

(1996, 2000, 2002, 2014, 2016)

2. Singapura 4 kali

(1998, 2004, 2007, 2012)

3. Vietnam 2 kali

(2008, 2018)Malaysia1 (2010)

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional
    FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional

    FIFA

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

Video Terkini