Sukses

Bola Ganjil: Tidak Masalah, Tetap Juara Meski Terkena Pengurangan Poin

Liputan6.com, Jakarta - Derby County mengalami masa sulit pada 2021/2022. The Rams terkena penalti pengurangan 12 poin usai masuk administrasi karena masalah finansial.

Sanksi tersebut jelas mempersulit tugas manajer Wayne Rooney. Top skor sepanjang masa Manchester United itu semula diharapkan bisa membawa klub kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris usai bergabung Januari 2020.

Kini dia harus berusaha menyelamatkan klub agar tidak turun ke level ketiga dalam sistem kompetisi sepak bola setempat.

Bukan tugas mudah karena vonis minus 12 poin menempatkan Derby County di dasar Divisi Championship. Mereka memiliki empat poin hasil 13 laga, tertinggal lima angka dari zona aman.

Namun, dengan kompetisi masih menyisakan 33 pertandingan, Rooney boleh percaya diri bisa menunaikan misi. Apalagi ada sejumlah klub yang pernah selamat jeratan degradasi meski dihukum pengurangan angka.

2 dari 4 halaman

Juventus

Contoh terbaik untuk membantu Derby County adalah Juventus. Terlibat skandal Calciopoli, Si Nyonya Tua dihukum turun ke Serie B plus pengurangan 30 angka untuk musim 2006/2007.

Beruntung otoritas berbaik hati dan mengurangi sanksi menjadi minus sembilan poin setelah Juventus mengajukan banding.

Berbekal kesetiaan banyak pemain bintang yang memutuskan bertahan, seperti Gianluigi Buffon, Alessandro Del Piero, Pavel Nedved, hingga David Trezeguet, Juventus tidak hanya terhindar malu terdegradasi ke Serie C. Mereka menjuarai Serie B dan masih unggul enam nilai di atas peringkat dua Napoli.

Kalaupun hukuman minus 30 angka tetap berlaku, Juvantus akan menduduki peringkat delapan. Mereka hanya tertinggal dari tiket promosi dan sama sekali tidak terancam degradasi.

 

3 dari 4 halaman

Rebut Tiket Eropa

Masih di Italia, Fiorentina (-15) dan Reggina (-11) juga divonis pengurangan poin karena Calciopoli. Bedanya, mereka tidak dihukum turun ke Serie B.

Kedua tim selamat dari degradasi. Fiorentina bahkan menempati posisi enam dan merebut tiket ke Piala UEFA. Jika tidak terkena sanksi, La Viola berada di peringkat tiga dan menuju Liga Champions.

 

4 dari 4 halaman

Contoh Dalam Negeri

Jika merujuk kasus dalam negeri, Derby County bisa berkaca pada sejumlah klub.

Leeds United (League One 2007/2008), Rotherham United (League Two 2008/2009), Bournemouth (League Two 2008/2009), Darlington (League Two 2008/2009), Southampton (League One 2009/2010), Crystal Palace (Championship 2009/2010), dan Birmingham City (Championship 2018/2019) bertahan di kasta masing-masing setelah mendapat pengurangan angka.

Leeds dan Southampton bahkan hampir promosi.