Sukses

Piala AFF 2020: Satu Grup dengan Malaysia, Ini Komentar Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Pada undian Piala AFF 2020, Indonesia masuk di pot ketiga bersama Filipina. Persaingan di Grup B ini bakal panas.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mentambut baik hasil drawing Piala AFF 2020. Dengan hasil undian ini, pelatih asal Korea Selatan itu, bisa segera mengetahui tempat pertandingan digelar.

“Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” kata pelatih asal Korea Selatan itu, seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Selasa (21/9/2021)..

Pada Piala AFF Suzuki 2018, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal. Saat itu Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.,

Seperti diketahui, Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah menggelar undian Piala AFF 2020 secara virtual. Hasilnya Indonesia harus segrup dengan rival abadinya Malaysia di Grup B.

Pada undian Piala AFF 2020, Indonesia masuk di pot ketiga bersama Filipina. Persaingan di Grup B ini bakal panas. Pasalnya juga ada juara bertahan Vietnam. Dua tim lain yang melengkapi Grup B adalah Kamboja dan Laos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ketat

Sementara itu di Grup A, bercokol Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan satu tim lagi yang ditentukan lewat babak kualifikasi.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa Grup B akan berjalan ketat. Apalagi diiisi tim kuat seperti Vietnam dan Malaysia. Namun, Kamboja dan Laos tidak boleh diremehkan begitu saja.

3 dari 5 halaman

Mundur Setahun

“Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Yunus Nusi.

Rencananya, Piala AFF 2020 rencananya akan digelar pada 5 Desember 2021 sampai 1 January 2022. Turnamen paling bergengsi di ASEAN ini mundur setahun dari jadwal semula karena pandemi Covid-19.

4 dari 5 halaman

Belum Pernah Juara

Seharusnya Piala AFF 2020 digelar pada 23 November sampai 31 Desember 2020.

Indonesia belum pernah sekalipun juara Piala AFF. Prestasi terbaik hanya lima kali menjadi finalis. Terakhir kali Indonesia masuk final pada tahun 2016.

5 dari 5 halaman

Tim Terbaik

Thailand masih menjadi tim terbaik dalam sejarah Piala AFF dengan lima kali juara, disusul Singapura dengan empat gelar. Vietnam sendiri baru dua kali juara.

Satu tim lain yang pernah juara Piala AFF adalah Malaysia di tahun 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.