Sukses

Forum Liga Dunia Kritik Rencana FIFA Gelar Piala Dunia 2 Tahun Sekali

Rencana FIFA menggelar Piala Dunia dua tahun sekali mendapat tentangan dari Forum Liga Dunia (World League Forum). Menurut pernyataan resmi mereka, rencana itu bakal membahayakan pemain.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana FIFA menggelar Piala Dunia dua tahun sekali mendapat tentangan dari Forum Liga Dunia (World League Forum). Menurut pernyataan resmi mereka, rencana itu bakal membahayakan pemain.

"Piala Dunia yang dua tahun sekali akan mengganggu ekonomi sepak bola dan membahayakan kesehatan pemain yang telah memiliki kalender padat," tulis pernyataan resmi mereka.

Sebelumnya, FIFA berencana menggelar Piala Dunia menjadi dua tahun sekali. Semula, kejuaraan sepak bola tertinggi dunia itu berlangsung empat tahun sekali.

Rencana FIFA itu mendapat tentangan dari pemain dan asosiasi anggotanya. Gelandang Barcelona, Sergio Busquets menyebut FIFA sama sekali tidak memedulikan kesehatan para pemain.

CEO Liga Italia, Luigi De Siervo termasuk yang kontra dengan rencana FIFA. Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia dua tahun sekali hanya akan menguntungkan FIFA.

"Proposal itu hanya akan mencoba menggaransi keuntungan komersial FIFA, mencederai fans, liga lokal, dan klub yang bertanggungjawab atas penampilan para pemain mereka," ujar De Siervo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dengarkan Pendapat

Sementara itu, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan pihaknya terus mendengarkan pendapat dari para pemain, klub, dan fans. Menurutnya, suara mereka juga perlu didengar demi terjaganya demokrasi di FIFA.

"Mereka punya hak yang sama untuk didengarkan. Ini adalah soal demokrasi dan kami menghormati semua suara," kata Infantino.

3 dari 3 halaman

Piala Dunia Qatar

Piala Dunia terdekat akan berlangsung di Qatar tahun depan. Saat ini, negara-negara dari berbagai belahan dunia tengah menjalani laga kualifikasi.

Berbeda dari Piala Dunia sebelumnya, Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada musim dingin di bulan November-Desember. Itu karena cuaca di Qatar yang sangat panas ketika musim panas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.