Sukses

Jose Mourinho Beri Jawaban Menohok usai Disebut Gagal di MU dan Tottenham

Magis Jose Mourinho sebagai pelatih top Eropa dinilai sudah habis usai dua periode bersama Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Liputan6.com, Roma - Pelatih anyar AS Roma Jose Mourinho membalas kritikan terhadap dirinya yang dianggap gagal di dua klub sebelumnya. Dia menyebut fakta yang menurutnya tidak mungkin dilakukan nakhoda lain.

Mourinho berbicara mengenai hal ini pada konferensi pers pertamanya sebagai allenatore baru Il Luppi, Kamis (8/7/2021) waktu setempat. Pelatih 58 tahun itu menandatangani kontrak tiga tahun untuk menggantikan posisi Paulo Fonseca yang dipecat menjelang akhir musim lalu.

Liga Italia sejatinya bukanlah tempat asing bagi sang juru taktik asal Portugal ini. Satu dekade lalu, dia berhasil menorehkan tinta emas dengan membawa Inter Milan menjadi treble winners pada musim 2009/2010.

Meski begitu, pelatih berjuluk The Special One tersebut diragukan banyak pihak bisa membawa AS Roma ke papan atas. Magisnya sebagai pelatih top Eropa dinilai sudah habis usai dua periode bersama Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Disinggung mengenai hal itu, Mourinho memberi jawaban menohok. Eks pelatih Real Madrid itu membela catatan manajerialnya di tanah Britania dan menyebut ada standar berbeda dalam menilai kinerjanya. Sebab, Mourinho sebelumnya sukses meraih banyak gelar.

“Di tiga klub terakhir, saya memenangkan Liga Inggris dengan Chelsea, merebut tiga piala dengan Manchester United, dan mencapai final Piala Liga Inggris di Tottenham,” kata Mourinho.

“Tottenham finis di urutan ke-12 pada musim sebelumnya dan kemudian berada di urutan keenam dan lolos ke Liga Europa. Bagi saya itu sesuatu yang belum pernah dicapai pelatih lain dalam hidup mereka, bukan bencana," ujarnya.

 

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan untuk Liburan

Mourinho menegaskan kedatangannya ke publik Olimpico bukanlah untuk liburan. Dia ingin menjawab tantangan mengembalikan Roma kembali ke habitatnya sebagai klub besar Italia.

“Ada ikatan yang fantastis antara klub dan kota ini. Tetapi say tidak di sini untuk berlibur, tapi untuk bekerja,” tambah Mourinho.

“Tantangan berikutnya selalu yang paling penting. Saya tidak akan mengubah banyak hal karena belum melihat apa yang sudah dimiliki. Sangat penting mengenal tim," pungkasnya.

 

Sumber: BT Sport

(Akbar Bintang Fahrizal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia

    AS Roma

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia

    Serie A

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United