Sukses

Squad Euro 2020 / 2021 : Timnas Inggris Paling Mentereng

Liputan6.com, Jakarta Tergabung dalam grup D bersama Republik Ceko, Skotlandia, dan Kroasia, squad timnas Inggris di Euro 2020 / 2021 diharapkan mampu berbicara banyak. Meski tidak sekomplet kekuatan era 2000-an, pasukan Tiga Singa kali memiliki komposisi yang mentereng ketimbang musuh-musuhnya. 

Banyak pihak menjagokan Inggris di ajang Euro 2020/21. Kehadiran talenta-talenta muda fenomenal juga diprediksi mampu melebihi torehan Tiga Singa saat meraih semifinal Piala Dunia 2018 lalu.  

Peltih Gareth Southgate bisa berbangga. Sebab menurut situs transfermarkt, Timnas Inggris tercatat sebagai tim paling mentereng dengan total harga pemain mencapai 1,32 miliar (Rp 22,92 triliun) 

Belakangan, Inggris seringkali menggunakan formasi 4-3-3 sebagai andalannya. Namun, belum pulihnya Harry Maguire yang merupakan instrumen penting di jantung pertahanan, kembali memunculkan opsi strategi untuk beralih lagi ke skema 3-4-3 yang dipakai pada Piala Dunia Lalu.

Nah, seperti apa kekuatan lini per lini timnas Inggris? Simak ulasannya di halaman selanjutnya.

 

2 dari 4 halaman

Bedan Kekuatan

Lini Belakang

Di sektor kiper, Jordan Pickford bakal kembali menjadi pilihan utama setelah tampil ciamik bersama Everton dibawah asuhan Carlo Ancelotti. Kendati demikian, ia juga telah menjadi pilihan Southgate selama bertahun-tahun.

Seandainya jadi menggunakan skema tiga pemain bertahan, John Stones bakal menjadi pemimpin di lini pertahanan dengan absennya Maguire. Stones yang musim ini hampir saja membawa Manchester City raih treble winner, bakal ditemani oleh Tyrone Mings sisi kiri dan Kyle Walker di kanan.

Meski berposisi asli sebagai bek sayap, Walker juga piawai di posisi bek tengah dalam skema ini dimana peran tersebut berhasil dilakoninya dengan dengan baik di Piala Dunia 2018. Di kedua lini sayap pertahanan, nampaknya Reece James adalah nama yang sesuai sebagai pengganti Trent Alexander Arnold yang cedera baru-baru ini Dan juga nama Luke Shaw yang musim ini tampil impresif bersama Manchester United bakal jadi pilihan utama Southgate.

Lini Tengah

Dihuni banyak gelandang berkelas pastinya membuat Southgate bingung menentukan pilihan. Nama-nama Mason Mount, Jack Grealish, Declan Rice, Jude Belingham dan yang lainnya adalah bukti melimpahnya stok geladangan The Three Lions. Dengan belum primanya kondisi Jordan Henderson, Declan Rice menjadi opsi pertama sebagai pengganti kapten Liverpool itu. Rice bertugas untuk mengalirkan bola antar lini. Sementara itu, satu slot kosong lini tengah lainnya bakal diisi Mason Mount. Fleksibilitas yang dimiliki pemain 24 tahun itu bakal sangat berguna dalam berpindah-pindah posisi dilapangan.

Lini Depan

Tentunya posisi ujung tombak bakal bakal menjadi milik Harry Kane. Pemain yang musim lalu mencatatkan 32 gol di semua kompetisi ini bakal diapit oleh dua winger yakni, Marcus Rashford dan Jadon Sancho.

Inggris sendiri bakal mengawali Piala Eropa 2020 kala bersua Kroasia pada 12 Juni 2021di Wembley Stadium, London.

 

3 dari 4 halaman

Skuat Timnas Inggris

Penjaga Gawang: Dean Henderson (Manchester United), Sam Johnstone (West Bromwich Albion), Jordan Pickford (Everton)

Bek: Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolves), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atlético), Kyle Walker (Manchester City), Ben White (Brighton)

Gelandang: Jude Bellingham (Dortmund), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds United), Declan Rice (West Ham), Bukayo Saka (Arsenal), Jadon Sancho (Dortmund)

Penyerang: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City)

 

Penulis : Akbar Bintang Fahrizal

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini