Sukses

Hasil Final Piala FA : Kalahkan Chelsea, Leicester City Torehkan Sejarah

Leicester City kalahkan Chelsea di final Piala FA berkat gol Youri Tielemans lewat tendangan keras

Liputan6.com, Jakarta Leicester City tampil sebagai juara Piala FA usai kalahkan Chelsea 1-0 di partai final di Stadion Wembley, Sabtu malam WIB (15/5/2021).Youri Tielemans jadi pahlawan Leicester berkat gol indahnya ke gawang The Blues.

Sukses ini menjadikan The Foxes, julukan lain Leicester City, meraih gelar pertama sepanjang sejarah setelah tumbang pada empat partisipasi sebelumnya di final.

Disaksikan sekitar 21 ribu penonton, di awal pertandingan Chelsea dan Leicester sudah saling serang dan menciptakan sejumlah peluang. Dua menit laga baru berjalan tendangan Jamie Vardy beruntung masih bisa diamankan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Namun, 10 menit kemudian Chelsea lebih banyak banyak menguasai bola. Namun, serangan yang dimotori Mason Mount dan Timo Werner masih menemui jalan buntu.

Leicester nyaris membuka keunggulan lewat Caglar Soyuncu. Sayang sundulannya masih melebar tipis di atas mistar gawang Chelsea.

Giliran Chelsea yang membuang kesempatan mencetak gol di menit 28. Umpan matang Silva gagal diteruskan Werner dan Cesar Azpilicueta yang berdiri bebas di depan gawang Leicester.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama Leicester lebih banyak menekan lini belakang lawannya. Bahkan, Vardy berpeluang mencetak gol, namun bola sundulannya masih melebar di sisi gawang. Hingga akhir babak pertama kedudukan masih imbang tanpa gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Chelsea mencoba mengambil inisiatif penyerangan. Tapi, upaya mereka maaih dengan mudah dipatahkan bek Leicester.

Namun, bencana datang ke kubu Chelsea di menit 60. Memanfaatkan kesalahan bek Chelsea, Youri Tielemans yang tak terkawal melepaskan tendangan keras dan tak bisa dijangkau Kepa. Leicester memimpin 1-0.

Ketinggalan satu gol, Chelsea berupaya lebih berupaya meningkatkan serangan dengan mengganti beberapa pemain. Hasilnya, Ben Chilwell yang baru masuk hampir membuat gol, namun bola masih bisa ditepis Kasper Schmeichel.

3 dari 4 halaman

Tampil Cemerlang

Kiper Leicester kembali tampil sebagai penyelamat setelah menggagalkan tendangan keras Mason dari bola kemelut. Chelsea akhirnya mampu menjebol gawang lawannya pada menit 89. Namun, dianulir wasit karena salah seorang pemain Chelsea berada dalam posisi offside.

Meski sudah diberi tambahan waktu 5 menit, Chelsea gagal mencetak gol penyeimbang. Leicester pun tampil sebagai juara.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Chelsea (3-4-2-1): 1-Kepa Arrizabalaga; 2-Antonio Ruediger, 6-Thiago Silva, 28-Cesar Azpilicueta (Hudson Odoi); 3-Marcos Alonso (Ben Chilwell), 5-Jorginho (Kai Harvertz), 7-N'Golo Kante, 24-Reece James; 19-Mason Mount, 22-Hakim Ziyech (Pulisic); 11-Timo Werner

Leicester City (3-4-1-2): 1-Kasper Schmeichel; 3-Wesley Fofana, 6-Jonny Evans, 4-Caglar Soyuncu; 33-Luke Thomas, 25-Wilfried Ndidi, 8-Youri Tielemans, 27-Timothy Castagne; 17-Ayoze Perez; 9-Jamie Vardy, 14-Kelechi Iheanacho (James Maddison)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.