Sukses

Liga Super Eropa Berakhir, Wacana Liga Super Inggris Digulirkan

Enam klub Liga Inggris yang tergabung dalam Big Six kini mulai menggulirkan wacana Liga Super Inggris, setelah Liga Super Eropa gagal.

Liputan6.com, London- Liga Super Eropa sudah berakhir sejak Rabu lalu. 10 klub sudah menyatakan mundur dari Liga Super Eropa, hanya Barcelona dan Real Madrid yang tak menyatakan mundur secara resmi.

Enam klub Liga Inggris memprakarsai mundur masal dari Liga Super Eropa. Ini kemudian disusul Inter Milan, Atletico Madrid, AC Milan dan Juventus.

Uniknya, setelah Liga Super Eropa berakhir,kini muncul proyek anyar bernama British Super League atau Liga Super Inggris. Liga Super Inggris ini diprakarsai enam klub yaitu Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Manchester United.

Dalam proyek ini, mereka akan mengajak dua raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers dalam proyek Liga Super Inggris ini. Wacana ini sudah dibicarakan dengan serius.

Seperti dilansir Marca, enam klub Liga Inggris sudah membicarakan ini dengan dua klub asal Glasgow untuk gabung. Undangan ini disambut baik karena dinilai bisa mengangkat pendapatan mereka.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik

Bedanya wacana ini disambut baik semua pihak. FA dan FA Skotlandia bersama pemerintah Inggris, UEFA dan FIFA setuju dengan format ini.

Selain mengundang dua klub Skotlandia, Liga Super Inggris juga akan mengacu ke kemungkinan Liga Inggris dikurangi jadi 18 klub. Selain itu juga ada wacana klub divisi 2 gelar play off di akhir musim.

 

3 dari 4 halaman

Gagal

 

Seperti diketahui proyek Liga Super Eropa gagal total dan hanya berumur dua hari. Banyaknya tekanan dari stakeholder sepak bola membuat semua klub berpikir ulang untuk ngotot menggelar Liga Super Eropa.

Kini, UEFA dikabarkan mempertimbangkan untuk menghukum Real Madrid dan Juventus. Dua klub ini dinilai sebagai biang keladi semuanya.

4 dari 4 halaman

Posisi di Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Super Inggris

  • Premier League