Sukses

Bola Ganjil: Kepahlawanan Pemadam Kebakaran Selamatkan Piala Skotlandia

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua cara bagi pecinta sepak bola untuk mengangkat trofi prestisius. Jalur terberat membutuhkan dedikasi tinggi.

Mereka harus berlatih keras dan membangun karier sebagai pemain, tampil bagus untuk menarik perhatian klub besar, sehingga mendapat kesempatan memenangkan gelar.

Metode kedua lebih mudah. Mereka harus cermat mencari informasi jadwal promosi penyelenggara kompetisi berupa pameran trofi, datang ke lokasi dan mengantri sebelum berfoto bersamanya.

Namun, mereka yang menempuh jalur ini tidak selalu berhasil menyentuh trofi. Penyelenggara biasanya memberikan larangan memegang untuk titel prestisius, contohnya Piala Dunia atau Liga Champions.

2 dari 5 halaman

Aksi Kepahlawanan

Di luar dua jalur tersebut, John Donnachie mendapat kesempatan memegang trofi dengan cara unik lewat aksi kepahlawanan. Ini adalah ceritanya.

Pagi hari 6 Februari 1971, si jago merah muncul dari tribun utama Stadion Pittodrie, markas Aberdeen FC. Alarm segera berbunyi dan dalam satu jam lebih dari 35 petugas pemadam kebakaran sudah coba memadamkan api.

Melihat api tidak kunjung terkendali, sekretaris klub Bert Whyte meminta kepada Donnachie, kepala pemadam kebakaran, untuk menyelamatkan gelar Piala Skotlandia yang tersimpan di ruang direksi.

Aberdeen memenangkan titel tersebut setahun sebelumnya. Namun, misi ini cukup berbahaya karena asap sudah memenuhi ruangan.

3 dari 5 halaman

Aksi Penyelamatan

Donnachie merupakan penggemar Aberdeen. Dia rutin datang ke stadion sehingga tahu letak ruangan yang dimaksud. Setelah memecahkan dua kaca yang menghadap Jalan Pittodrie, dia lalu menginstruksikan dua anak buahnya untuk menjalankan misi penyelamatan ini.

Pasangan pemadam kebakaran itu, bernama Jim Reid dan Bob McBeath, perlahan menyusuri ruangan sebelum sampai ke lemari trofi. Mereka kemudian membawa keluar gelar Piala Skotlandia beserta titel-titel lain yang terjangkau.

Beruntung tidak ada yang terluka dari musibah ini. Kebakaran ditengarai muncul karena puntung rokok yang ada di tribun utama.

Namun, klub tetap menderita kerugian dengan hancurnya berbagai ruangan kantor, kamar ganti, serta seragam dan alat latihan. Koleksi dan data sejarah klub sejak berdiri tahun 1903 juga hancur.

Trofi Piala Skotlandia, yang pertama kali dianugerahkan pada 1874, aman. Ketika kebakaran sudah ditangani, setiap pemadam yang bertugas bergantian berfoto bersama gelar tersebut. Yang memegang kamera adalah istri Donnachie.

 

4 dari 5 halaman

Kembali Berfoto

Donnachie bertugas sebagai pemadam kebakaran hingga pensiun pada 1977. Dia mendapat kesempatan sekali lagi bertemu Piala Skotlandia ketika media setempat ingin menandai 20 tahun tragedi tersebut.

Kebetulan, Aberdeen memenangkan Piala Skotlandia pada 1991. Jurnalis media tersebut kemudian mengajak Donnachie, Reid, dan McBeath untuk berfoto bersama trofi, kali ini dalam kondisi lebih menyenangkan. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini