Sukses

Aprilia Manganang Eks Atlet Voli Wanita Kini Jadi Pria Alami Kelainan Reproduksi Hipospadia

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Aprilia Manganang diketahui menderita kelainan reproduksi.

Liputan6.com, Jakarta - Aprilia Manganang membawa kabar mengejutkan. Mantan pemain timnas bola voli putri Indonesia itu dipastikan sebagai laki-laki.

Vonis tersebut didapat usai Aprilia Manganang menjalani pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Pemeriksaan dijalani anggota Korps Wanita AD berpangkat Serda itu pada Februari lalu.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan dari hasil pemeriksaan diketahui Aprilia Manganang menderita kelainan reproduksi.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, hipospadia," kata Andika dalam jumpa pers tentang Aprilia Manganang di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Aprilia Manganang di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan dengan perempuan

Sejak kecil, tambah Andika, Aprilia mengaku merasakan perbedaan antara dirinya dan perempuan lain. Karena itu, peraih MVP Proliga 2016, 2017, dan 2019 tersebut menunggu-nunggu pemeriksaan medis.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi. Jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki," paparnya.

"Menurut data, di setiap bayi laki-laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki."

 

 

3 dari 3 halaman

Masih Diperiksa

Serda Aprilia kini masih di RSPAD Gatot Subroto. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi jumlah kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI.

"Jadi saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia," ujar Andika.

"Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.