Sukses

3 Jenis Latihan yang Bisa Bantu Kurangi Stres

Beberapa latihan terbukti lebih bermanfaat daripada yang lain untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan modern menghadirkan berbagai konsekuensi negatif, salah satunya stres. Jika dibiarkan berkepanjangan, kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Berat badan naik, rambut rontok, dan hipertensi adalah beberapa gejala umum dari stres berkepanjangan. Untuk setiap individu, sangat penting untuk mengatur tingkat stres agar tetap sehat dan panjang umur.

Berolahraga dianggap sebagai cara terbaik untuk mengalahkan stres dan menenangkan pikiran. Ini juga membantu Anda mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Beberapa latihan terbukti lebih bermanfaat daripada yang lain untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres. Apa saja? Ini dia:

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stretching

Kebanyakan orang menganggap stretching sebagai bagian dari rutinitas latihan karena kebanyakan dilakukan sebelum atau sesudah sesi latihan. Padahal, stretching lebih dari itu.

Stretching membantu melepaskan ketegangan dari tubuh. Ini mengurangi kekakuan yang disebabkan oleh duduk sepanjang hari di depan laptop atau bermain ponsel. Ini memberikan kelegaan dari ketegangan dan rasa sakit, dengan demikian menenangkan pikiran Anda.

3 dari 4 halaman

Yoga

Yoga adalah bentuk aktivitas fisik terkenal yang membantu meredakan stres. Latihan berdampak rendah ini membantu menenangkan pikiran Anda dan meningkatkan kedamaian mental.

Yoga ditemukan d India dan dipraktikan ratusan tahun yang lalu. Sekarang dikenal luas karena manfaat kesehatannya yang luar biasa di seluruh dunia. Ini juga dapat membantu meningkatkan mood.

Anda bisa mulai berlatih yoga sendiri di rumah. Mulailah dengan latihan yang mudah dan kemudian coba latihan yang sulit.

4 dari 4 halaman

Berlari

Berlari juga terbukti cukup efektif dalam meredakan stres. Bahkan sains setuju dengan fakta bahwa berlari di luar ruangan untuk sementara saat merasa stres dapat menenangkan pikiran Anda dengan merelaksasikan zat kimia otak Anda.

Jadi, ketika Anda merasa bingung atau kewalahan, cobalah ini dan lihat apakah Anda menyaksikan perubahan positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.