Sukses

Simak Tips agar Terhindar dari Jerawat Gara-Gara Kelamaan Pakai Masker

Masker digunakan untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19. Penggunaan lama masker dikhawatirkan timbulka jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 hingga kini masih berlangsung. Sesuai aturan atau protokol kesehatan, masyarakat diwajibkan mengenakan masker saat melakukan kegiatan baik di luar maupun di dalam ruangan. Namun, menggunakan masker berjam-jam bisa menimbulkan jerawat di kulit wajah.

Berdasarkan aturan, selain memakai masker,menjaga jarak aman dan mencuci tangan menjadi sebuah keharusan demi menekan penularan dan penyebaran Covid-19.

Penggunaan masker ini memang ditujukan untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona serta bakteri penyebab penyakit lainnya. Tapi, di sisi lain menggunakan masker berjam-jam sering mengalami iritasi, kekeringan, bahkan jerawat di kulit wajah.

Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato memberi saran untuk mengatasi masalah itu.

Mereka menyebut bahwa satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah-masalah kulit lantaran harus memakai masker adalah dengan melakukan perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu menghindari permasalahan kulit tersebut dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Masker

Pastikan Anda memilih salah satu masker dengan bahan yang pas dan nyaman. Lebih baik terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernapas.

Laura, mengatakan, tidak semua bahan dibuat sama. Poliester, misalnya, terkadang dapat memerangkap keringat, menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat. Kain dapat menjadi jawaban bagi Anda yang rentan berjerawat.

Carilah masker yang terbuat dari bahan katun karena dapat membantu menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas.

"Rajin mengganti dan mencuci masker Anda secara teratur karena ini akan dapat membantu meredakan jerawat dan flare-up (radang atau kulit memerah) kulit sepanjang hari," katanya.

Kemudian, carilah bahan-bahan seperti chamomile dan aloe vera, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Hidrasi dapat membantu mencegah iritasi, cobalah menghindari riasan tebal dan berminyak karena dapat menyumbat pori-pori.

3 dari 4 halaman

Rawat Kulit

Setelah seharian memakai masker, pastikan untuk memanjakan kulit dengan produk bebas sulfat dan melembabkan. Sulfat adalah deterjen kuat yang mengubah struktur lipid epidermis bagian atas kulit dan menyebabkan iritasi.

Setelah melepas masker, pastikan untuk membasuh wajah dengan pembersih ringan dengan bahan yang melembapkan. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit Anda. Gunakan air hangat karena kulit sudah sensitif, dan ini akan membantumencegah iritasi lebih lanjut.

Akhiri prosesnya dengan mengoleskan pelembab dengan antioksidan dan minyak esensial, yang dapat memulihkan dan menenangkan kulit Anda.

Jika Anda mengalami kekeringan, iritasi, atau gatal yang berlebihan setelah menggunakan masker, Anda juga bisa membuat masker yang melembabkan.

4 dari 4 halaman

Cuci Bersih Wajah

Cuci wajah Anda menggunakan air hangat dan pembersih bebas sulfat. “Meskipun mungkin agak merepotkan untuk memakai masker, kami tetap menekankan betapa pentingnya masker bagi kesehatan Anda dan kesehatan orang lain. Dan, jika saat ini Anda mengalami iritasi kulit, Anda dapat menerapkan tips sederhana ini yang dapat membantu anda mengatasi permasalahan kulit Anda," kata Laura.

"Selain itu, jangan lupa bahwa produk yang Anda gunakan pada wajah dan tubuh Anda juga dapat membuat perbedaan nyata pada tampilan dan rasa kulit Anda. Jadi, pilihlah produk lembut yang dapat memberikan hasil melalui bahan-bahannya," ujarnya.

Sumber: Health Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.