Sukses

44 Wakil La Liga Berebut Masuk Dream Team Ballon d'Or, 4 Pemain Akan Tampil di El Clasico

44 legenda Laliga berebut posisi untuk masuk ke dream team Ballon d'Or.

Liputan6.com, Jakarta Empat pemain La Liga yang masih aktif bermain hingga kini masuk terpilih sebagai kandidat penghuni dream team Ballon d'Or. Aksi mereka juga masih bisa disaksikan lewat duel El Clasico yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona di Camp Nou pada lanjutan La Liga, Sabtu (24/10/2020). 

France Football seperti diketahui telah menghapus gelar Ballon d'Or musim ini. Penghargaan individu bergengsi bagi pemain sepak bola itu sementara ditiadakan menyusul pandemi virus Corona COVID-19. 

Sebagai gantinya, France Football menggelar pemilihan dream team Ballon d'Or yang menerapkan formasi 3-4-3. Sebanyak 110 nama telah dinominasikan untuk menempati posisi tersebut. Sebanyak 44 di antaranya merupakan pemain dan mantan pemain yang berlaga di pentas La Liga.  

Empat pemain aktif La Liga yang masuk daftar, yakni Sergio Ramos, Marcelo, Sergio Busquets, dan Lionel Messi. Keempatnya dianggap akan mencapai rekor terbaik dan akan sulit disaingi. Selain La Liga, belum ada kompetisi yang mengirimkan empat pemain aktif untuk bersaing di dream team Ballon d'Or.

Menariknya, keempat nama ini berasal dari dua tim yang dikenal memiliki rivalitas abadi. Ya, Marcelo dan Sergio Ramos berseragam Real Madrid dan Lionel Messi serta Sergio Busquets bermain untuk Barcelona. Kebetulan, kedua tim ini juga akan bertarung pada El Clasico, akhir pekan ini. 

Selain itu, banyak juga pemain-pemain hebat yang telah pensiun yang pernah bermain di La Liga dan masuk dalam nominasi dream team Ballon d’Or. Berikut beberapa di antaranya. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kiper : Iker Casillas dan Thomas N’Kono

Dari 10 penjaga gawang yang dinominasikan France Football, terdapat dua pemain yang berasal dari LaLiga. Salah satunya adalah Iker Casillas yang merupakan legenda Spanyol sepanjang masa dan yang mendapatkan ststus resmi menjadi ikon LaLiga. 

Selama satu setengah dekade Casillas telah mengabdikan dirinya untuk Real Madrid dan mendapatkan banyak trofi. Hebatnya, Casillas juga menjadi kapten dari Los Blancos dan timnas Spanyol dan memenangkan Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. 

Selain Casillas, ada satu lagi kiper asal Cameroon yang mencatatkan 241 penampilan LaLiga untuk RCD Espanyol, serta menjadi pemain kesembilan yang mewakili klub Catalan, yaitu Thomas N’Kono. 

 

3 dari 10 halaman

Bek Kanan : Liliam Thuram dan Cafu

Liliam Thuram yang menjadi pertahanan lini kanan Prancis saat menang Piala Dunia 1998 adalah salah satu dari pemain LaLiga yang melegenda. Liliam pernah bermain bersama Barcelona selama dua musim dari 2006 sampai 2008. 

Satu lagi mantan bek LaLiga dan menjadi kapten tim Brasil yaitu Cafu. Tim Eropa yang pertama ia datangi adalah Real Zaragoza, sebelumnya ia juga pernah sukses bersama AS Roma dan AC Milan. 

 

4 dari 10 halaman

Bek Tengah : Ronald Koeman, Fabio Cannavaro dan Sergio Ramos.

Hanya ada satu bek tengah dari daftar 10 pemain yang akan dipilih oleh France Football, dan daftar itu mencakup tiga legenda LaLiga. Salah satunya adalah pelatih FC Barcelona dan mantan pemain FC Barcelona Ronald Koeman. Fabio Cannavaro dan Sergio Ramos juga ikut bergabung karena mereka sempat satu tim saat membela Real Madrid. 

Cannavaro bergabung dengan Real Madrid pada 2006 silam yang dimana dirinya memenangkan Piala Dunia bersama Italia dan merebut penghargaan Ballon d’Or. Disamping itu, Sergio Ramos juga tengah menjabat sebagai kapten Real Madrid dan telah membawa banyak kejayaan bagi Real Madrid serta Spanyol selama satu setengah dekade terakhir. 

5 dari 10 halaman

Bek Kiri : Marcelo, Roberto Carlos, Andreas Brehme dan Paul Breitner.

Pemain Brasil Marcelo dan Roberto Carlos adalah dua pemain yang mendominasi sayap kiri Real Madrid selama abad ke-21. Keduanya juga terpilih dan masuk kedalam nominasi dream team Ballon d'Or. 

Sementara itu, pemain Jerman Andreas Brehme dan Paul Breither juga masuk dalam nominasi. Brehme menghabiskan waktu karirnya bersama Real Zaragoza, sedangkan Breitner bermain untuk Los Blancos dan Bayern Munich. 

6 dari 10 halaman

Gelandang Bertahan

Pemain yang masuk nominasi yaitu, Sergio Busquets, Didi, pep Guordiola, Johan Neeskens, Fernando Redondo, Frank Rijkaard, Bernd Schuster, Clarence Seedorf, Luis Suarez, Xabi Alonso dan Xavi Hernandes. 

Pada posisi tengah sedikit berbeda pada pengharagaan ini karena, France Football menunjnuk 20 gelandang bertahan dan akan memilih dua serta akan memilih dua lagi dari gelandang menyerang. Dalam kategori gelandang bertahan ini terdapat 11 pemain dari LaLiga. 

Sebagian besar dari nama-nama tersebut bermain untuk Real Madrid atau Barcelona. Didi, Fernando Redondo, Clarence Seedorf dan Xabi Alonso mewakili Real Madrid. Sementara Barcelona diwakili oleh mantan bintang pep Guardiola, Johan Neeskens, Luis Suarez, Xavi Hernandes dan Segio Busquets. Bernd Schuster pernah bermain untuk dua raksasa Spanyol itu, dan Frank Rijkaard adalah legenda Barca sebagai pelatih dan menghabiskan karirnya di Real Zaragoza. 

7 dari 10 halaman

Gelandang Serang

Pemain yang masuk nominasi yaitu, Alfredo Di Stefano, Gheorghe Hagi, Andres Iniesta, Raymond Kopa, Laszlo Kubala, Diego Maradona, Ferenc Puskas, dan Zinedine Zidane. 

 Delapan dari 20 pemain yang dinominasikan adalah pemain yang pernah menginjak rumput LaLiga. Masih sama dengan gelandang bertahan, adaberbgai ikon dari FC Barcelona dan Real Madrid dalam daftar inidan lagi-lagi ada satu pemain yang menghabiskan karirnya di kedua klub besar tersebut yaitu, Gheorghe Hagi. 

FC Barcelona juga diwakili oleh Laszlo kubala, dan juga pernah bermain untuk RCD Espanyol. Diego Maradona juga pernah bermain untuk Sevilla FC dan merupakan salah satu ikon sepak bola sepanjang masa. 

Andres Iniesta juga masuk dalam kandidat pemain yang pernah bermain di LaLiga bersama FC Barcelona. Untuk Reak Madrid ada Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas dan Raymond Kopa dan pelatih mereka saat ini Zinedine Zidane. 

 

8 dari 10 halaman

Sayap Kanan : David Beckham, Samuel Eto’o, Luis Figo, Lionel Messi dan Arjen Robben.

Dalam posisi ini akan ada satu pemain yang terpilih dari 10 kandidat yang dinominasikan, dan dari 10 itu ada empat nama yang bermain di LaLiga dan satu nama yang masih aktif bermain untuk merebut tempat dream team Ballon d’OR. Pemain yang masih aktif itu adalah Lionel Messi, kapten FC Barcelona ini tahu bagaimana rasanya diakui oleh France Football karena Messi sudah memiliki enam Ballon d’Or.  

Mantan sayap Real Madris, David Beckham, Luis Figo dan Arjen Robben juga masuk dalam kategori ini, serta mantan rekan setim Messi dan mantan pemegang penghargaan Pichichi, Samuel Eto’o. 

 

9 dari 10 halaman

Sayap Kiri : Cristiano Ronaldo, Thierry Henry, Rivaldo, Ronaldinho dan Hristo Stoichkov.

Lima dari 10 pemain masuk dalam kategori sayap kiri juga menghabiskan waktu karirnya di LaLiga. Pemain Bulgaria Hristo Stoichkov bermain untuk FC Barcelona selama dua periode pada tahun 1990-an. Thierry Henry,Rivaldo, dan Ronaldinho juga membela FC Barcelona dan mencapai penampilan terbaik di Camp Nou. 

Setelah itu, ada Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid yang sudah mencetak prestasi selama sembilan musim. Di Madrid, Ronaldo juga memenangkan Pichichi tiga kali dan lima Ballon d’Or. 

 

10 dari 10 halaman

Penyerang Tengah : Johan Cruyff, Sandor Kocsis, Romario dan Ronaldo Nazario.

Johan Cruyff adalah saalah satunya di yang berada di FC Barcelona  dan sangat luar biasa dengan pencapaiannya sebagai pemain dan juga sebagai pelatih. Sandor Kocsis yang bermain untuk Barca pada 1958 dan 1965 dan dianggap sebagai salah satu talenta yang diremehkan sepanjang masa. 

Romario juga meraih sebagian besar kesuksesan dari klub negara asalnya, Brazil dan juga FC Barcelona dan Velancia FC. Mewakili Real Madrid saat ini adalah Ronaldo Nazario, yang merupakan salah satu penggiring bola dan penyerang terbaik sepanjang masa.

 

Penulis : Ray Kevin Agape 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.