Sukses

Pelatih Persib Bicara soal Jadwal Bursa Transfer Shopee Liga 1, Ini Sarannya

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts angkat bicara soal jadwal bursa transfer pemain.

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts angkat bicara soal waktu bursa transfer pemain. Pelatih asal Belanda itu menganggap regulator PSSI bisa lebih matang dalam membuat keputusan.

Seperti diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2020, membuka periode kedua transfer pemain. PT LIB mempersilakan klub untuk mendatangkan pemain sejak 18 September hingga 28 Oktober.

Namun, klub tidak boleh mendatangkan pemain dari sesama peserta Liga 1. Selain itu, pemain asing yang ingin didatangkan tidak pernah terdaftar di klub Liga 1 2020 lainnya.

"Kami dikabarkan tiba-tiba transfer window dibuka lagi karena beberapa klub meminta itu. Padahal sebelumnya sudah sangat jelas hanya akan ada transfer window di paruh kedua pada bulan Desember jika liga digelar sesuai rencana pada Oktober," kata pelatih Persib Robert Alberts, Rabu (21/10/2020).

Robert menuturkan, klub Liga 1 tengah diterpa kondisi keuangan dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, ia menyatakan perlu ada upaya matang bagi PT LIB terkait bursa transfer.

"Beberapa klub bicara bagaimana mungkin mendatangkan pemain baru karena mereka tidak punya uang. Sedangkan, pemain lain harus pergi karena tidak adanya kesepakatan finansial dengan klub," cetusnya.

Saksikan Video Persib Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sikap Persib

Di Persib, lanjut Robert, manajemen klub masih terbilang kondusif dengan memilih mempertahankan pemain yang sudah ada dan tidak akan belanja pemain baru.

"Saya rasa kami sangat profesional karena kami tahu, yang terpenting adalah bagaimana menjaga sebisa mungkin pemain yang dimiliki. Kami juga saling menguatkan satu sama lain, klub percaya pada pemain dan pemain juga percaya kepada klub," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Waktu Terbaik

Oleh karena itu, Robert berpendapat waktu yang cocok untuk dibukanya jendela transfer yakni setelah Liga 1 kembali bergulir dan bukan sebelum kompetisi dimulai kembali.

"Kami sendiri tidak akan belanja pemain karena kembali pada aturannya sudah sangat jelas bahwa di transfer window yang seharusnya dibuka Desember, hanya bisa mendatangkan pemain asing," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Perubahan PSSI

Tersiar kabar bahwa PSSI berencana memperpanjang bursa transfer yang sudah dibuka sejak 21 September 2020, lalu. Semula jendela transfer dinyatakan ditutup pada 18 Oktober 2020. 

Kini PSSI membuka berencana memperpanjang waktu bursa transfer sampai November lantaran mundurnya Liga 1 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.