Sukses

Pertama Dalam 15 Tahun, Tak Ada Messi dan Ronaldo di Semifinal Liga Champions

Terakhir kali semifinal Liga Champions tanpa Messi dan Ronaldo 15 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Barcelona gagal lolos ke semifinal Liga Champions. Blaugrana secara tragis dibantai Bayern Munchen 2-8 di babak perempat final yang kali ini hanya digelar satu leg saja pada Sabtu (15/8/2020) dinihari WIB.

Dengan kemenangan 8-2 ini, Munchen menyusul Paris Saint Germain dan Red Bull Leipzig yang sudah lebih dulu lolos ke semifinal. Munchen akan bersua PSG.

Tersingkirnya Barcelona membuat sejarah baru tercipta. Untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, tak ada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Liga Champions. Terakhir kali Messi dan Ronaldo tak berlaga di semifinal Liga champions pada musim 2004-2005.

Ronaldo sendiri sudah lebih dulu terhenti perjalanannya di Liga Champions 2019-2020. Klub Ronaldo, Juventus sudah tersingkir di babak 16 besar karena didepak Olympique Lyon.

Tak adanya Messi dan Ronaldo di semifinal Liga Champions juga bisa menjadi tanda akhir dari dominasi keduanya di sepak bola Eropa. Pasalnya Messi dan Ronaldo sudah termakan usia. Saat ini Messi sudah berusia 33 tahun, sedangkan Ronaldo 35 tahun.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istanbul

Terakhir kali Liga Champions tanpa Ronaldo dan Messi di babak semifinal, Liverpool yang keluar sebagai juara. The Reds menjadi juara lewat comeback dramais atas AC Milan di Istanbul, Turki.

Uniknya, final Liga Champions musim ini seharusnya juga digelar di Istanbul Turki. Namun pandemi covid-19 membuat UEFA memindahkannya ke Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal.

3 dari 3 halaman

Modifikasi UEFA

Tak hanya menggeser final ke Portugal, UEFA juga memodifikasi format Liga Champions sejak babak perempat final. 

Pertandingan hanya digelar satu kali saja dan dilaksanakan di tempat netral Portugal. Padahal biasanya babak perempat final dan final digelar dua leg dengan sistem kandang-tandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.