Sukses

Jadwal MotoGP Austria: Menanti Kejutan Lain Tanpa Marquez

Brad Binder membuat kejutan di MotoGP Republik Ceko. Rencananya seri keempat dan kelima akan digelar di Austria di Sirkuit Red Bull Ring.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap KTM asal Afrika Selatan, Brad Binder, berhasil menjuarai MotoGP Republik Ceko yang berlangsung di sirkuit Brno, Minggu malam (9/8/2020). Binder berhasil mengalahkan para unggulan dengan mencatatkan waktu terbaik 41 menit 38,764 detik.

MotoGP Republik Ceko 2020 adalah balapan ke empat dalam agenda MotoGp 2020. Berdasarkan jadwal, rencananya balapan akan digelar 13 kali dan semuanya berlangsung di Eropa.

Sebelumnya, seri pembuka digelar di Jerez, Spanyol, sebanyak dua seri berurutan. Balapan pertama bertajuk GP Spanyol, dan yang seri kedua disebut GP Andalusia.

Selanjutnya, seri ketiga digelar di Sikruit Brno, Ceko. Kemudian, rencananya seri keempat dan kelima akan dilangsungkan di Austria di Sirkuit Red Bull Ring. Seri pertama akan diberi nama GP Austria dan kedua GP Styria.

Dorna memang sudah memastikan MotoGP 2020 hanya akan digelar di benua Eropa. Keputusan tersebut membuat MotoGP 2020 menjadi unik.

Sayang, balapan yang akan berlangsung di Austria nanti dipastikan tanpa Marc Marquez. Ini menjadi kali ketiga bagi pembalap Reposl Honda itu terpaksa menepi dari balapan.

Marquez harus berkorban kehilangan poin di MotoGP karena cedera tangan kanannya belum kunjung pulih. Sempat ingin membalap di Brno, tapi Marquez harus menjalani operasi untuk kedua kalinya.

Honda pun mengkonfirmasi Stefan Bradl bakal tetap menggantikan posisi Marquez di MotoGP Austria yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring.Seperti diketahui, Marquez mengalami insiden saat melakoni MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez musim lalu.

Dia mengalami higside yang mengerikan sehingga harus jalani operasi. Karena kecelakaan ini, Marquez berpotensi kehilangan 100 poin.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama Kali

Ini merupakan kali pertama Kejuaraan Dunia Balap Motor menghadirkan seluruh seri di Eropa sejak terakhir terjadi pada 1986.

Keputusan tersebut diambil operator MotoGP ini setelah membatalkan seri Argentina, Thailand, dan Malaysia pada Jumat (31/7/2020) lalu.

3 dari 4 halaman

Pandemi Covid-19

Ketiga seri MotoGP itu mengikuti sembilan balapan lainnya yang bernasib sama. Beberapa di antaranya berlangsung di luar Eropa, yakni Qatar, Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.

Pandemi corona Covid-19 yang belum menunjukkan tanda perbaikan membuat peserta sulit datang ke kawasan lain.

4 dari 4 halaman

Tambah Satu Seri

Sebagai gantinya, bakal menambah satu seri MotoGP di Eropa sebagai penutup pada jadwal kompetisi. Lokasi tersebut diumumkan pada 10 Agustus.

"Dengan sedih kami mengumumkan pembatalan balapan di Argentina, Thailand, dan Malaysia. Kami akan merindukan antusiasme suporter di sana," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, dikutip situs resmi MotoGP.

 

Jadwal MotoGP Austria

14 Agustus 2020

14.55-15.40 WIB: Free Practic 1

19.10-19.55 WIB: Free Practice 2

15 Agustus 2020

14.55-15.40 WIB: Free Practice 3

18.30-19.00 WIB: Free Practice 4

19.10-19.25 WIB: Kualifikasi

16 Agustus 2020

19.00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.