Sukses

Juventus Resmi Tunjuk Andrea Pirlo Gantikan Maurizio Sarri

Hanya beberapa jam setelah memecat Maurizio Sarri, Juventus mengumumkan kehadiran Pirlo dalam kontrak hingga 2022.

Liputan6.com, Turin - Juventus bergerak cepat mengisi kursi pelatih. Mereka menunjuk Andrea Pirlo sebagai nakhoda baru.

Hanya beberapa jam setelah memecat Maurizio Sarri, Juventus mengumumkan kehadiran Pirlo dalam kontrak hingga 2022.

"Kami mengambil keputusan berdasar keyakinan. Kami merasa Pirlo memiliki apa yang dibutuhkan untuk memimpin tim," tulis keterangan resmi klub.

"Dalam debutnya sebagai pelatih, dia memiliki skuat penuh talenta dalam misi mengejar kesuksesan."

Pirlo baru saja dipilih menjadi pelatih tim U-23 Juventus pekan lalu. Namun, belum menangani tim yang berkompetisi di Serie C, dia langsung dipromosikan ke skuat utama.

Saksikan Video Juventus Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tersingkir di Liga Champions

Penyebabnya adalah terhentinya langkah klub di 16 besar Liga Champions. Juventus gagal melangkah ke babak berikut meski mengalahkan Olympique Lyon 2-1 pada leg kedua. Mereka kalah gol tandang dalam agregat 2-2.

Hasil tersebut memaksa Juventus memberhentikan Sarri. Padahal mereka baru mempekerjakannya musim panas tahun lalu. 

3 dari 5 halaman

Kandidat Pengganti

Setelah itu Pirlo, Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, dan Simone Inzaghi dilaporkan jadi kandidat pelatih baru. Pochettino jadi favorit mempertimbangkan posisi kandidat lain. Dia menganggur usai meninggalkan Tottenham Hotspur, November 2019.

Namun, ada rintangan dalam langkah tersebut. La Gazzetta dello Sport melaporkan, Pochettino meminta gaji 10-12 juta euro. Angka itu dua kali lipat dari bayaran Sarri.

Dengan anggaran sudah tertuju untuk membayar gaji selangit Cristiano Ronaldo, plus kompensasi pemecatan Sarri, hal ini bisa mengganjal Juventus.

4 dari 5 halaman

Kandidat Lain

Sementara kandidat lain memiliki kontrak bersama klub masing-masing, yakni Zidane dan Inzaghi. Keduanya juga tidak berencana pindah dalam waktu dekat.

Zidane baru saja kembali ke Real Madrid dan memenangkan La Liga. Sementar Inzaghi membawa Lazio lolos Liga Champions musim depan.

5 dari 5 halaman

Karier Pirlo

Pirlo membela Juventus pada periode 2011-2015. Dia pensiun dari sepak bola pada 2017 usai memperkuat New York City FC.

Dikenal sebagai salah satu gelandang elegan terbaik di generasinya, Pirlo meraih berbagai prestasi besar. Salah satunya membantu Italia jadi juara Piala Dunia 2006.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.