Sukses

5 Tips Agar Cepat Dapat Pekerjaan saat Pandemi Covid-19

Berikut 5 cara agar mendapatkan pekerjaan selama pandemi Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Virus Corona covid-19 memberikan dampak yang begitu besar pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya angka pengangguran meningkat drastis sejak pandemi ini terjadi awal Maret lalu.

Gelombang PHK banyak menghantam industri pariwisata dan hiburan selama pandemi Covid-19. Di Indonesia saja, industri pariwisata masih mati suri. Begitu juga dengan industri hiburan. Bioskop, spa dan tempat rekreasi belum bisa dibuka.

Beberapa perusahaan lain telah menanggapi krisis kesehatan dengan pengurangan karyawan, cuti, memotong jam dan upah lembur, serta menerapkan pembekuan perekrutan.

Perusahaan lain secara aktif merekrut dan memposting pekerjaan baru setiap hari. Saat ini, ada banyak ketidakpastian tentang apa dampak nasional dan global terhadap perekrutan, tetapi ada beberapa cara Anda bisa tetap positif dan proaktif dalam mencari pekerjaan selama masa sulit ini.

Berikut 5 cara agar mendapatkan pekerjaan selama pandemi Virus Corona Covid-19:

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Libatkan Jaringan Anda

Orang-orang mengerti bahwa ini adalah masa yang sulit dan mereka ingin membantu semampu mereka. Biarkan teman dan keluarga Anda tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan dan beri tahu mereka tentang jenis pekerjaan yang Anda cari dan perusahaan target Anda sehingga mereka akan mencari lowongan.

Mereka akan memberi tahu Anda jika mereka mendengar sesuatu. Tanyakan kepada mereka apakah mereka bersedia melakukan percakapan email kepada orang-orang yang bekerja di perusahaan atau, bahkan lebih baik, manajer perekrutan.

Jangan ragu untuk menghubungi mantan kolega dan bos jika Anda melihat lowongan di perusahaan mereka. Mereka lebih cenderung mempekerjakan Anda daripada pesaing karena mereka tahu keterampilan dan etos kerja Anda. Bahkan jika mereka tidak merekrut, mereka dapat menjadi referensi untuk aplikasi Anda yang lain. Karena mereka berada di industri, mereka mungkin mendengar pekerjaan lain melalui jaringan mereka sendiri dan mereka dapat merekomendasikan Anda.

3 dari 6 halaman

2. Latihan Wawancara Pekerjaan via Telepon dan Video

Sekarang banyak orang yang bekerja jarak jauh, wawancara kerja dilakukan melalui telepon dan video, bukan secara langsung.

Akan lebih sulit untuk melakukan wawancara telepon karena lebih sulit untuk menafsirkan reaksi seseorang dan memiliki percakapan yang mengalir secara alami.

Mungkin sulit untuk melakukan wawancara video karena merasa canggung berada di kamera. Anda akan menonjol jika Anda mengetahui seluk beluk wawancara telepon dan video.

4 dari 6 halaman

3. Pamerkan Keterampilan Anda

Ada begitu banyak kompetisi untuk pekerjaan, jadi penting untuk meningkatkan kemampuan Anda saat ini.

Pertama, memprioritaskan pekerjaan yang telah diposting paling baru karena itu pertanda bahwa perusahaan memiliki peran saat ini yang perlu diisi.

Selanjutnya jawab segala pertanyaan berdasarkan pengalaman kerja Anda terdahulu yang Anda anggap berhasil dilakukan.

5 dari 6 halaman

4. Fokus pada Surat Lamaran

Luangkan lebih banyak waktu untuk setiap surat lamaran dan lanjutkan agar lamaran pekerjaan terlihat profesional.

Saat Anda melamar pekerjaan secara online, aplikasi Anda sering kali masuk ke Applicant Tracking System (ATS), perangkat lunak yang meninjau resume Anda untuk menentukan seberapa baik Anda memenuhi persyaratan posting pekerjaan.

Hampir 75 persen dari resume yang melalui ATS dihilangkan karena mereka tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh manajer perekrutan, seperti keterampilan yang tepat, tingkat pendidikan atau jabatan.

6 dari 6 halaman

5. Tetap Update

Dengan begitu banyak ketidakpastian di dunia saat ini, bisa jadi sangat sulit untuk mencoba melakukan pencarian kerja.

Anda harus selalu membuka internet mencari peluang loker Jakarta. Meski terkadang sulit dan tidak tersedia, Anda tidak menyerah.

Pantau terus situs perusahaan atau situs tempat bekerja yang Anda inginkan.

Disadur dari Global Liputan6.com (penulis Teddy Tri Setio Berty)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.