Sukses

Liga Champions: Ini Format Sisa Pertandingan Leg Kedua 16 Besar

Jakarta - UEFA secara resmi merilis format sisa pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions dan Liga Europa 2019-2020, Kamis (9/7). Pertandingan akan dilaksanakan seperti biasa, alias tidak berlangsung di venue netral. 

Ada empat pertandingan tersisa dalam duel leg kedua 16 besar Liga Champions sebelum pandemi virus corona menyerang pada Maret 2020, termasuk pertandingan Manchester City kontra Real Madrid dan Bayern Munchen vs Chelsea.

Di Liga Europa, masih ada enam duel leg kedua yang belum dimainkan, plus dua pertandingan yang bakal dimainkan dalam format satu leg karena pertemuan leg pertama lalu dibatalkan, juga karena virus corona.

Sesuai dugaan, semua pertandingan sisa ini bakal dimainkan tanpa penonton.  Kelanjutan duel leg kedua ini sempat jadi pertanyaan besar, sebab UEFA harus menjaga keadilan kompetisi.

Memainkannya di tempat netral bakal menguntungkan tim yang bermain tandang, tapi tetap menggunakan format dua leg juga berisiko. Kini, UEFA sepertinya memilih risiko itu.

"UEFA Executive Committee memutuskan sisa pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions dan Liga Europa bakal dimainkan di kandang tim tuan rumah," tulis pihak UEFA. 

"Seperti yang dikabarkan pada Juni lalu, duel Inter vs Getafe dan Sevilla vs Roma, yang leg pertamanya juga ditunda, bakal dimainkan dalam satu leg di Jerman."

 

2 dari 4 halaman

4 Pertandingan Sisa

Empat pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions ini masih menyimpan sejumlah kejutan. UEFA menentukan 7-8 Agustus 2020 untuk menyelesaikan empat pertandingan ini.

Sisa duel leg kedua 16 besar:

- Juventus vs Lyon (0-1)

- Manchester City vs Real Madrid (2-1)

- Bayern vs Chelsea (3-0)

- Barcelona vs Napoli (1-1)

Juventus bakal menjamu Lyon, Man City menjamu Real Madrid, Bayern meladeni Chelsea, dan Barcelona menyambut Napoli. Ada banyak kemungkinan, belum tentu tim-tim besar bisa lolos ke putaran berikutnya.

Bagaimanapun, empat tim yang berhasil lolos nanti bakal menemani empat tim lain yang sudah terlebih dahulu mengamankan tempat di babak perempat final. Keempatnya adalah Atalanta, Atletico Madrid, RB Leipzig, dan PSG.

Sebagai tambahan, UEFA mengonfirmasi babak kualifikasi untuk kompetisi 2020-2021 bakal dimainkan dalam satu leg penentuan, tidak ada kandang-tandang. Pertandingan ini pun bakal dimainkan tanpa penonton.

Sebelumnya, UEFA sudah mengonfirmasi bahwa mulai babak perempat final nanti, Liga Champions bakal dimainkan terpusat di Lisbon, Portugal, sedangkan Liga Europa bakal dituntaskan di Koln, Jerman.

Final Liga Champions dijadwalkan untuk 23 Agustus 2020 mendatang, sedangkan final Liga Europa dimainkan dua hari sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Untuk Undian Babak Akhir

Untuk undian babak akhir Liga Champions dimulai pukul 12.00 waktu setempat, atau 17.00 WIB. UEFA bakal menggelar tiga sesi, yakni memasangkan tim untuk perempat final, menyusun bagan semifinal, serta menentukan tim tuan rumah laga final karena alasan administrasi.

Lokasi pertandingan nantinya dibagi rata ke markas Benfica (Estadio da Luz) dan Sporting CP (Estadio Jose Alvalade). Final berlangsung di Estadio da Luz.

 

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published: 10/7/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini