Sukses

Jelang MotoGP Jerez, Wonderkid Fabio Quartararo Malah Langgar Peraturan?

Liputan6.com, Paris- Pembalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team, Fabio Quartararo dikabarkan sudah melanggar peraturan tes jelang MotoGP Jerez pada 19 Juli nanti. Dia dikabarkan melanggar peraturan tes privat.

Federasi Balap Motor Dunia (FIM) mengeluarkan pernyataan soal pelanggaran ini pada Kamis (2/7/2020). Meskipun FIM tak menyebutkan nama pembalap MotoGP yang dimaksud.

Peraturan yang dilanggar yaitu pembalap yang terafiliasi dengan tim pabrikan seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Ducati dilarang melakukan tes prifat. Tes juga dilakukan bukan dengan motor MotoGP tapi motor produksi massal.

Pembalap juga dilarang melakukan tes di sirkuit yang akan dipakai untuk balapan.

"Kami akan lakukan dengar pendapat dengan pembalap yang mungkin sudah langgar peraturan. Ini akan dilakukan jelang balapan di sirkuit Jerez," bunyi pernyataan FIM seperti dikutip Motorsport.

"Kami ingin mendengar penjelasan dari yang bersangkutan. Sejauh ini FIM tak akan berikan komentar lebih jauh."

 

2 dari 4 halaman

Quartararo Bersalah

 

Meski tak disebutkan, pengamat meyakini Fabio Quartararo sudah lakukan pelanggaran. Beberapa hari lalu dia menghabiskan dua hari di Prancis menggunakan Yamaha R1.

Kabarnya yamaha R1 ini sudah dimodifikasi dengan suku cadangan yang akan dipakai Quartararo. Ini tentu melanggar aturan FIM.

Lalu apa hukumannya? Sanksi untuk Quartararo kemungkin ringan karena sang pembalap sepertinya tak paham ada aturan ini.Apalagi dia juga memposting momen saat menjalani latihan.

 

3 dari 4 halaman

Adapatasi dengan Motor

 

Sebelumnya, seperti dilansir Motorsport, Quartararo mengaku tak bisa berlatih dengan motor produksi massal. Itu karena transisi ke motor MotoGP bakal lebih sulit.

Dia juga mengaku akan berlatih beberapa saat di Prancis untuk menghadapi balapan pertama.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini