Sukses

Jurgen Klopp Pernah Tolak Lamaran MU, Apa Penyebabnya?

Jakarta- Jurgen Klopp rupanya pernah melewatkan peluang menjadi manajer Manchester United pada tahun 2013. Dia menolak pinangan Setan Merah karena sang istri, Uilla, punya firasat buruk mengenai kepindahan ke Old Traffoord. 

Saat itu, Manchester United sedang mencari pengganti Sir Alex Ferguson yang pensiun. Ternyata, Red Devils memasukkan nama Jurgen Klopp sebagai salah satu kandidat. Klopp sedang menangani Borussia Dortmund. 

Executive vice-chairman MU, Ed Woodward, menemani Klopp melakukan tur di Old Trafford. Namun, istri Klopp ternyata memainan peran penting sehingga sang pelatih menepis kans jadi pelatih Manchester United. 

Cerita tersebut diungkapkan oleh mantan bintang Liverpool, Phil Thompson.  

"Saya pernah mewancarai Klopp untuk Sky. Saya bertanya apakah ia dan Liverpool tercipta untuk satu sama lain. Dia melihat ke saya dan bertanya 'mengapa?'," kata Phil Thompson kepada TV2 di Norwegia, seperti dilansir Standard, Minggu (28/6/2020). 

"Kemudian Klopp bilang kepada saya bahwa dia punya peluang jadi manajer Manchester United. Tapi, istrinya bilang itu bukan keputusan tepat." 

"Ketika Liverpool datang, istrinya bilang itu keputusan tepat. Ada sesuatu yang aneh. Sepertinya ia memang tercipta untuk Liverpool," imbuh Thompson mengenai keputusan Jurgen Klopp menjadi pelatih Liverpool. 

 

2 dari 2 halaman

Bangun Kejayaan di Anfield

Sisa cerita tersebut adalah sejarah. Manchester United akhirnya menunjuk David Moyes sebagai pengganti Ferguson. Namun, Moyes tak bertahan lama di Old Trafford. 

Petualangan MU dalam mencari manajer yang tepat berlanjut ke Louis Van Gaal, Jose Mourinho, dan saat ini Ole Gunnar Solskjaer. Adapun Klopp gabung Liverpool pada 2015. 

Klopp perlahan tapi pasti membangun kejayaan di Anfield. Dia mengantar The Reds ke final Liga Champions dalam dua tahun beruntun, satu di antaranya berbuah trofi pada 2019. 

Pelatih asal Jerman itu juga berhasil menyudahi penantian panjang Liverpool selama 30 tahun untuk kembali merajai liga domestik. Di bawah Klopp, Liverpool juga menyabet trofi Piala Dunia Antarklub. 

Sumber: Standard

 Disadur dari Bola.com (penulis Yus Mei, Published 29/6/2020)