Sukses

Premier League Terapkan Aturan 5 Pergantian Pemain

Sama seperti Bundesliga dan La Liga, klub-klub Premier League juga sepakat menerapkan aturan lima pergantian pemain untuk sisa musim ini.

Jakarta Premier League musim ini akan kembali bergulir pada 17 Juni mendatang. Sama seperti Bundesliga dan La Liga, klub-klub Premier League juga sepakat menerapkan aturan lima pergantian pemain.

Keputusan tersebut diambil setelah perwakilan ke-20 klub Premier League menggelar pertemuan pada Kamis (4/6/2020). Rapat tersebut juga menyepakati jumlah pemain yang ada di bangku cadangan.

Dengan meningkatnya jumlah pergantian pemain dalam satu laga, dari tiga menjadi lima, maka daftar nama yang berada di bangku cadangan juga ikut bertambah. Pemain yang berada di bangku cadangan berjumlah sembilan orang, yang tadinya cuma tujuh pemain.

Perubahan tersebut dilakukan untuk menghindari pemain mengalami kelelahan dan cedera, karena menjalani jadwal yang padat hingga musim ini berakhir. Keputusan itu juga telah disetujui oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada bulan lalu.

"Pemegang Saham Premier League hari ini (Kamis), menyetujui perubahan sementara pada aturan yang berkaitan dengan pergantian pemain," bunyi pernyataan resmi Premier League. 

"Untuk sisa musim 2019-2020, jumlah pemain pengganti yang dapat digunakan selama pertandingan akan meningkat, dari tiga menjadi lima pemain."

"Pemegang Saham juga menyetujui klub dapat meningkatkan jumlah maksimum pemain pengganti di bangku cadangan, dari tujuh menjadi sembilan orang untuk sisa musim 2019-2020," lanjut pernyataan resmi Premier League.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bundesliga dan La Liga Terapkan Aturan Serupa

Sementara itu, Bundesliga dan La Liga telah lebih dulu menerapkan aturan yang serupa. Bundesliga yang telah bergulir sejak 16 Mei lalu melakukan pergantian lima pemain, karena menyesuaikan protokol kesehatan yang diterapkan selama pandemi virus corona belum berakhir.

Di sisi lain, La Liga yang akan kembali berlanjut pada 11 Juni 2020 memakai aturan tersebut agar pemain tidak kelelahan. Pasalnya, klub-klub La Liga akan menjalani dua laga dalam sepekan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Pekan ke-29 dan 30 Premier League

Pekan 29

Aston Villa vs Sheffield United

Manchester City vs Arsenal

Pekan 30

A.F.C. Bournemouth vs Crystal Palace

Aston Villa vs Chelsea

Brighton vs Arsenal

Everton vs Liverpool

Manchester City vs Burnley

Newcastle United vs Sheffield United

Norwich City vs Southampton

Tottenham Hotspur vs Manchester United

Watford vs Leicester City

West Ham United vs Wolverhampton

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 5/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini