Sukses

Arsenal Sudah Salah Sejak Awal dengan Transfer Aubameyang

Liputan6.com, London - Masa depan Pierre-Emerick Aubameyang di Arsenal tengah menjadi spekulasi. Sebab, kontrak striker berusia 30 tahun itu di Emirates Stadium tinggal satu tahun lagi.

Aubameyang bergabung dengan Arsenal dari Borussia Dortmund pada jendela transfer Januari 2018. Saat itu, pemain asal Gabon ini didatangkan dengan nilai transfer 56 juta pound atau sekitar Rp 1,059 triliun dengan durasi kontrak 3,5 tahun.

Kini, Arsenal terancam kehilangan Aubameyang dengan cuma-cuma alias gratis. Ini bakal terjadi jika sang pemain enggan menadatangani perpanjangan kontrak dalam beberapa bulan ke depan.

Situasi ini mirip dengan Aaron Ramsey yang meninggalkan Arsenal pada musim panas lalu. Legenda Manchester United (MU) Gary Neville percaya Arsenal akan menyalahkan diri sendiri lantaran hanya menawarkan kontrak tiga tahun kepada Aubameyang.

 

 

2 dari 3 halaman

Durasi Kontrak

"Rasanya bagi saya bahwa jika Anda membayar 60 juta pound untuk seseorang, membuatnya pergi atau dalam posisi di mana ia bisa hengkang, saya pikir Arsenal terlalu sering berada di posisi ini," kata Neville kepada The Football Show seperti dikutip oleh Football London.

"Saya pikir kesepakatan tiga tahun untuk seseorang yang harganya 60 juta pounds paling tidak Anda menginginkan tahun keempat. Sehingga Anda bisa mengendalikannya dan jika dia melakukannya dengan baik dalam dua tahun pertama, yang jelas sudah dia lakukan."

"Jadi itu kesalahan yang mereka buat dengan Aubameyang pada hari pertama. Fakta bahwa mereka berada di posisi ini sekarang adalah melalui kesalahan yang mereka buat sebelumnya," ucap Neville yang delapan kali juara Liga Inggris bersama MU.

"Saya rasa Arsenal ada di posisi di mana para pemain bisa mengambil keputusan. Mereka bisa mempertahankannya untuk setahun lagi, tapi kemudian dia bisa pergi secara cuma-cuma," pungkasnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Striker Lyon

Arsenal mencoba mengantisipasi kepergian Aubameyang. Seperti dilansir L''Equipe, Manajer Arsenal Mikel Arteta meminta manajemen merekrut Moussa Dembele dari Lyon.

Arteta disebut ingin merekrut Dembele setelah melihat performa apik sang striker bersama Les Gones. Musim ini, ia menjadi andalan lini serang Lyon dengan menyarangkan 20 gol sebelum Ligue 1 Prancis dibatalkan akibat pandemi corona Covid-19.