Sukses

Baru Bergabung, Shin Tae-yong Curhat Lelahnya Latih 3 Timnas Indonesia

Shin Tae-yong juga diberi tanggung jawab untuk memimpin Timnas Indonesia U-22 dan U-19, di mana kategori usia terakhir akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021

Jakarta - PSSI memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pada pengujung 2019. Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga diberi mandat untuk menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong juga diberi tanggung jawab untuk memimpin Timnas Indonesia U-22 dan U-19, di mana kategori usia terakhir akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Hanya Timnas U-16 yang tak ditangani Shin Tae-yong dan tetap diasuh oleh Bima Sakti.

"Awalnya, saya rasa tidak sulit untuk menangani tiga level Timnas Indonesia. Namun, saya merasa ternyata lebih sulit ketika sudah mengumpulkan pemain," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS News, Selasa (2/6/2020).

Meski demikian, Shin Tae-yong berpendapat lebih mudah untuk membentuk tim yang dihuni pemain muda. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Untuk mengembangkan sepak bola Indonesia dalam jangka panjang, tentu saja saya memiliki keuntungan karena membentuk pemain sejak dini," ujar Shin Tae-yong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus ke Piala Dunia U-20 2021

Shin Tae-yong beruntung tak ada agenda yang bentrok dari ketiga level Timnas Indonesia. Untuk level senior, memang masih ada tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, secara hitung-hitungan sudah tak berpeluang sehingga tekanan pada tugas Shin Tae-yong tak terlalu berat. Akan tetapi, ada agenda Piala AFF yang jika sesuai jadwal akan diikuti Timnas Indonesia pada akhir 2020.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-22 tidak memiliki agenda karena tidak lolos ke Olimpiade Tokyo. Adapun panggung terpenting Shin Tae-yong adalah Piala Dunia U-20 2021, di mana Timnas Indonesia U-19 akan bertanding dan memegang status tim tuan rumah.

Sumber: KBS News

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus,  editor Benediktus, published 2/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini