Sukses

Sambut Lebaran, Dua Bintang NBA Cerita Pengalaman Seru Jalani Ibadah Puasa

Kedua pemain dari klub Boston Celtics itu berbagi pengalaman seru menjalani ibadah puasa.

Liputan6.com, Boston- Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan, Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020). Perayaan Lebaran kali ini sedikit berbeda dibanding biasanya. Pasalnya berlangsung di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Pandemi global telah mengubah cara umat Muslim di dunia dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan dan merayakan Lebaran Tidak ada perayaan maupun ibadah bersama, mengingat pemerintah telah meniadakan kegiatan ibadah di masjid guna mengurangi penyebaran virus corona covid-19.

Dua pemain NBA beragama Islam, Tacko Fall dan Enes Kanter pun harus menyesuaikan diri dengan normal baru (new normal) dalam menjalankan ibadah puasa pada tahun ini.

Beberapa waktu lalu, kedua pemain dari klub Boston Celtics itu berbagi pengalaman seru menjalani ibadah puasa selama tinggal di Amerika Serikat.

Yuk, simak beberapa hal menarik yang dibahas oleh Tacko dan Enes Kanter mengenai ibadah puasa:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sekilas cerita tentang masa kecil Tacko Fall di bulan Ramadan

Ramadan di Senegal merupakan momen spesial untuk Tacko karena penuh dengan memori masa kecil yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

“Saat Ramadan tiba, kamu bisa langsung merasakannya. Suasana seketika berubah. Terutama ketika orang-orang di sekitarmu juga berpuasa,” ucap pemain tertinggi NBA tersebut.

Tacko mengenang suasana Ramadan di kampung halamannya di mana semua orang melakukan rutinitas yang sama, seperti bangun pagi untuk sahur, berpuasa sehari penuh, buka puasa, dan beribadah di Masjid bersama teman-teman.

 

3 dari 5 halaman

Pergulatan batin atlet-atlet yang berpuasa di bulan Ramadan

Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana seorang atlet dapat menjalankan puasanya. Haruskah kita berpuasa saat harus berlatih untuk pertandingan? Tacko mengaku dirinya beberapa kali mengalami kesulitan dalam memutuskan untuk berpuasa di tengah musim NBA.

“Tahun lalu, beberapa kali (saya menanyakan diri sendiri untuk berpuasa atau tidak). Waktu itu saya terlalu banyak berpikir karena saya harus melakukan banyak hal,” ungkap Tacko. “Sekarang, saya berpuasa dan juga berolahraga. Beberapa hari lalu, saya pun berlari dan ternyata merasa lebih baik,” lanjutnya. Dengan kata lain, Tacko menyadari pentingnya pola pikir yang benar.

Serupa dengan Tacko, Enes juga berbagi pengalaman berpuasanya ketika ia harus bertanding pada musim playoff NBA. Itulah pentingnya memusatkan perhatian dan mengalihkan fokus kita dari hal-hal kecil. Kuncinya adalah mempunyai pola pikir yang benar, bahwa kita bisa pergi, bermain, dan menunjukan pada dunia jika kita bisa melakukannya.

4 dari 5 halaman

Kurma dan minuman berprotein menjaga Enes dan Tacko tetap berenergi

Untuk memastikan tubuh memiliki energi yang cukup, kita perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Enes dan Tacko mengaku banyak mengonsumsi kurma dan minuman berprotein saat sahur agar tetap memiliki nutrisi dan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Mereka juga menyarankan agar kita tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat saat sahur karena itu akan memaksa tubuh bekerja lebih keras dalam mencernanya. Itu yang kemudian membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa lelah.

 

 

5 dari 5 halaman

Makna Ramadan adalah kemurahan hati dan rasa syukur

Bulan suci tahun ini mungkin tidak seperti biasanya, tetapi kita tetap perlu bersyukur karena masih berkesempatan untuk merayakannya dalam keadaan sehat. Pada sesi diskusi langsung di Instagram, Tacko juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tim medis yang telah mengorbankan hidupnya demi menjaga kesehatan banyak orang.

“Saya hanya ingin mengatakan kepada mereka, terima kasih, dan usaha mereka sangatlah dihargai. Saat ini, pekerjaan mereka sangat sulit terutama dengan adanya pandemi yang masih tersebar. Jadi, saya harap orang-orang juga tidak melupakan jasa mereka,” kata Tacko, pemain yang menandatangani kontrak dua arah (two-way contract) dengan Maine Red Claws, di NBA G League.

Selain itu, Enes juga mengajak para penonton untuk berdoa dan bekerja sama agar dapat melalui situasi sulit ini secepatnya. “Saat ini, kita tengah merayakan bulan suci Ramadan. Apa pun kepercayaan kalian, berdoalah, dunia saat ini sangat membutuhkan doa. Sehingga, dunia menjadi lebih baik dan sehat dari sebelumnya, dan kita pun bisa mempunyai masa depan yang lebih baik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini