Sukses

Melahirkan di Masa Pandemi Corona Covid-19, Ini yang Harus Diperhatikan

Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr. Aripin Syarifudin Sp.OG. mengingatkan ada empat hal utama yang patut diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta - Persalinan di masa new normal pandemi virus corona Covid-19 merupakan hal wajar. Tidak perlu dikhawatirkan namun tetap patut diwaspadai agar jelang proses persalinan tidak ada paparan virus yang masuk mengenai ibu hamil. 

Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr. Aripin Syarifudin Sp.OG., dari Siloam Hospitals Silampari mengingatkan ada empat hal utama yang patut diperhatikan, yaitu konsisten dalam pemeriksaan umum, memberlakukan zonasi, penggunaan Alat Pelindung Diri yang tepat dan pasca kelahiran.

"Persalinan non-Covid itu wajib dilakukan di fasilitas kesehatan sesuai aturan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi. Ibu hamil tidak perlu khawatir saat persalinan karena petugas medis memberlakukan secara konsisten zonasi non Covid dan Covid serta penggunaan APD dalam proses kelahiran," ujar Dr. Aripin dalam diskusi webinar bertajuk "Persalinan pada Masa Pandemi Covid-19", Jumat (29/5/2020).

Dalam kesempatan selanjutnya, paska persalinan turut disampaikan pada diskusi. Pada poin utama adalah bayi tetap diberikan ASI (air susu ibu) namun dengan menggunakan masker dan pelindung muka serta selama perawatan, bayi diisolasi untuk sementara waktu hingga sang bayi diberikan tes swab dari lendir tenggorokannya. 

"Kami tetap memonitor kesehatan ibu dan bayi hingga pasca-persalinan. Satu hal yang bisa dilihat adalah dari internal medis persalinan, yaitu tim medis persalinan berjumlah efisien agar transisi virus ditekan seminimal mungkin. Jadi sekali lagi ibu hamil tidak perlu khawatir saat memasuki proses persalinan," jelas Dr. Aripin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasa Aman

Manajemen Siloam Hospitals Silampari, tambahnya, senantiasa memberikan rasa aman untuk masyarakat yg akan melakukan persalinan walaupun dalam kondisi Pandemi pun dalam periode mendatang new normal.

"Rasa aman akan kami jamin. Intinya, proses persalinan akan kami kawal sejak tahap pertama yaitu pemeriksaan early warning system dan melalui rapid test kemudian penempatan ruangan khusus pada proses persalinan. Tujuannya adalah memutus transmisi virus," imbuh Aripin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini