Sukses

Pesawat Pakistan Jatuh di Pemukiman Warga, Angkut 107 Penumpang

Sebuah pesawat Pakistan mengalami kecelakaan. Pesawat dari Maskapai Pakistani International Airlines jatuh di pemukiman warga.

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah pesawat Pakistan mengalami kecelakaan. Pesawat dari Maskapai Pakistani International Airlines jatuh di pemukiman warga.

Insiden terjadi sebelum kapal terbang itu masuk ke wilayah bandara untuk mendarat.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyebut sudah mengirim pasukan ke area terjatuhnya pesawat. Ia juga sudah berbicara dengan CEO maskapai.

"Kaget dan berduka oleh kabar jatuhnya PIA. Saya berkomunikasi dengan CEO PIA Arshad Malik, yang telah berangkat ke Karachi, dan bersama tim rescue & relief di lapangan karena ini adalah prioritas terkini," ujar Imran Khan lewat Twitter, Jumat (22/5/2020).

PM Khan turut menyampaikan rasa duka ke keluarga korban tewas.

AP News melaporkan pesawat itu membawa 107 penumpang yang terdiri atas 99 penumpang dan 8 kru.

Pesawat berangkat dari Lahore dan menuju Karachi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Saksi Mata

Saksi mata menyebut pesawat berupaya mendarat sebelum jatuh di pemukiman warga di dekat Bandara Internasional Jinnah.

Pada video yang beredar, tampak jalanan dikepung asap dan beberapa mobil tampak terbakar.

Pada video yang beredar, tampak jalanan dikepung asap dan beberapa mobil tampak terbakar. 

Flight Radar menyebut pesawat itu merupakan Airbus dengan registrasi A320. Kapal terbang itu disebutkan berusia 15 tahun. 

Sejauh ini belum ada kabar terkait korban meninggal.

 

3 dari 4 halaman

Tak Ada WNI

Mengetahui peristiwa tersebut, pemerintah Indonesia bergerak cepat mencari tahu keberadaan WNI yang mungkin saja berada dalam pesawat Pakistan tersebut.

"Hari ini sekitar pukul 14.50 waktu setempat pesawat Pakistan International Airlines (PIA) PK 8305 rute Lahore - Karachi telah jatuh di daerah pemukiman menjelang mendarat di bandara Karachi. Sebab kecelakaan belum diketahui," ujar Joedha Nugraha selaku Direktur PWNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam pernyataan singkatnya.

"KJRI Karachi saat ini sedang mencari informasi dari otoritas setempat mengenai kemungkinan adanya penumpang WNI," imbuh Joedha.

Sejauh ini, Joedha menuturkan, belum ada laporan dari pihak berwenang bahwa korban kecelakaan pesawat Pakistan termasuk WNI. "Untuk sementara ini, berdasarkan passenger list, tidak terdapat penumpang WNI," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Tengah Ditangani Pihak Berwenang

Dalam sebuah pernyataan, CEO Pakistan International Airlines (PIA) Murtaza Ali Shah mengatakan dia akan pergi ke lokasi kecelakaan dan akan menyelidiki lebih lanjut masalah teknis yang dilaporkan oleh pilot.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyebut sudah mengirim pasukan ke area terjatuhnya pesawat. Ia juga sudah berbicara dengan CEO maskapai.

Pesawat maskapai Pakistani International Airlines dari Pakistan jatuh di pemukiman warga. Insiden terjadi sebelum kapal terbang itu masuk ke wilayah bandara untuk mendarat. 

(Tommy Kurnia/Tanti Yulianingsih)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini