Sukses

5 Legenda Sepak Bola yang Sepakat Maradona Lebih Baik dari Messi

Jakarta Argentina dikenal kerap melahirkan pemain-pemain berlabel bintang dunia. Dua terbaik asal Argentina yang dianggap paling istimewa ialah Diego Maradona dan Lionel Messi.

Tak sedikit orang yang menganggap kedua pemain tersebut memiliki kesamaan, baik secara permainan atau kontribusi. Namun, ada pula yang memperdebatkan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Selain dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi juga sering diadu melawan seniornya; Diego Maradona. Ada sejumlah faktor yang membuat keduanya dianggap memiliki sisi yang berlawanan.

Lionel Messi dan Diego Maradona memang terlahir dari generasi berbeda. Tetapi, keduanya sama-sama menjadi tumpuan saat Timnas Argentina berlaga.

Sementara di level klub, kontribusi kedua pemain tersebut tak perlu diragukan lagi. Lionel Messi meraih lebih banyak kesuksesan di klub, bersama Barcelona.

Namun, Diego Maradona punya satu catatan besar dalam sejarah sepak bola Argentina karena pernah menjadi juara Piala Dunia.

Untuk penghargaan individu, Messi mungkin sedikit lebih baik. Pemain berjuluk La Pulga itu mempu memenangi enam trofi Ballon d'Or sejauh ini.

Melihat fakta tersebut, sulit membandingkan siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Diego Maradona. Namun, ada beberapa legenda sepak bola yang sepakat, Maradona lebih baik ketimbang Messi. Siapa saja legenda tersebut?

Berikut ini Bola.com merangkumnya, lima legenda sepak bola dunia yang menganggap Diego Maradona lebih baik daripada Lionel Messi.

2 dari 6 halaman

Romario

Romario menjalani karier sebagai pemain sejak 1981 hingga 2010. Selama kurun waktu tersebut Romario banyak meraih penghargaan, baik individu maupun bersama tim.

Selama memperkuat Timnas Brasil, Romario mampu membukukan 55 gol dari 77 penampilan.

Meski hanya bertemu Diego Maradona satu kali, yakni pada penyisihan grup Copa Amerika 1989, Romario tak ragu dengan kapasitas pria yang kini berusia 59 tersebut.

"Orang-orang berdebat tentang siapa yang lebih baik, Maradona atau Messi. Maradona masih yang terbaik untuk apa yang dia lakukan dengan Argentina," ujar Romario.

3 dari 6 halaman

Juan Roman Riquelme

Juan Roman Riquelme pernah bermain bersama Lionel Messi sebanyak 27 kali di Timnas Argentina. Tak hanya itu, Riquelme juga pernah menjadi lawan Messi di La Liga.

Meski begitu, Riquelme tak menganggap Messi terbaik dalam sejarah. Riquelme justru menilai Maradona ada di level lain.

"Bagi saya, Maradona adalah unik, dia yang terbaik dalam sejarah," tutur Riquelme.

"Saya tumbuh bersama Maradona. Menontonnya saja sudah cukup, Anda bisa pulang dengan bahagia.

"Dia melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta merupakan satu di antara striker produktif yang pernah berkiprah bersama klub Italia. Bersama Fiorentina, Batistuta mampu mengukir 203 gol dari 331 penampilan.

Kemudian di level timnas, Batistuta membukukan 54 gol dari 78 pertandingan bersama Timnas Argentina. Dari 78 laga tersebut, delapan di antaranya ia lalui bersama Diego Maradona.

Batistuta tak ragu menganggap Maradono terbaik di dunia. Kendati, Messi pernah memecahkan rekor golnya di Timnas Argentina.

"Bagi saya, Diego yang terbaik dari semuanya. Maradona mewakili Argentina dalam banyak hal, tidak hanya dalam sepak bola," kata Gabriel Batistuta.

5 dari 6 halaman

Zico

Zico dikenal memiliki skill individu serta tendangan bebas yang luar biasa. Bahkan, pujian pernah datang dari Pele, yang menganggap Zico merupakan pemain yang bermain dengan ciri khasnya sendiri.

Seperti halnya ketiga legenda di atas, Zico menganggap Maradona merupakan pemain terbaik asal Argentina.

"Saya pikir Maradona memainkan sepak bola yang lebih kompetitif," ujar Zico.

"Dia selalu bermain dengan pencetak gol langsung. Tapi, Maradona melakukan banyak hal untuk Argentina. Dia memenangi Piala Dunia."

"Maradona selalu menonjol di kompetisi besar. Termasuk ketika Argentina bukan favorit," ucapnya.

6 dari 6 halaman

Pele

Pele menikmati karier bermain selama 21 tahun dengan sensasional. Ia berhasil memenangkan tiga Piala Dunia untuk Brasil.

Menurut situs FIFA, Pele juga tercatat mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan. Meski, catatan tersebut masih kerap diperdebatkan.

Kendati demikian, Pele akan tetap dianggap sebagai satu di antara pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

Pele menilai Maradona sebagai pemain sepak bola yang lebih baik. Meski, Pele tidak pernah berhadapan dengan Maradona atau Messi saat menjadi pemain.

"Bagi saya, Maradona adalah satu di antara pemain terbaik yang pernah ada. Jika Anda bertanya kepada saya, 'apakah dia lebih baik dari Messi? 'Dia jauh lebih baik," ujar Pele.

Sumber: Ronaldo.com

Disadur dari Bola.com (Penulis, Faozan Tri Nugroho, Editor Aning Jati, published 11/5/2020)