Sukses

Teco Sebut Atmosfer Sepak Bola di Indonesia Mirip Brasil

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menyebut pemain Brasil mampu beradaptasi dengan cepat di Indonesia sehingga laris manis.

Denpasar - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengomentari banyaknya pemain asal Brasil yang bermain di Indonesia. Teco menilai atmosfer sepak bola Indonesia mirip dengan Brasil sehingga para pemain mudah beradaptasi.

Shopee Liga 1 2020 yang jadi kompetisi elite Indonesia diramaikan dengan kehadiran 23 pemain Brasil. Persela Lamongan menjadi klub yang paling banyak menggunakan jasa pemain Brasil, sedangkan Bali United memiliki 1 orang saja yakni Willian Pacheco.

Mayoritas pemain Brasil itu memiliki peran penting di klubnya. Teco menilai femonena itu tidak aneh karena para pemain Brasil dikenal mudah beradaptasi dengan gaya sepak bola di liga luar negaranya.

"Saya pikir pemain Brasil bisa beradaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim memberi prestasi. Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola," kata Teco seperti dikutip situs resmi Bali United, Sabtu (18/4/2020).

"Ada pemain yang bagus, akan tetapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brasil. Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, satu di antaranya adalah Indonesia karena suasananya mirip dengan Brasil," ujar Teco.

Fenomena kompetisi elite Indonesia yang digandrungi pemain Brasil sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Nama-nama tenar yang punya bagian penting di peta sepak bola Indonesia antara lain Jacksen F. Tiago, Luciano Leandro, Carlos de Mello, Antonio Claudio, hingga Alberto Goncalves sebelum berganti kewarganegaraan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencoba Petualangan

Stefano Cugurra Teco juga memberi saran agar pemain Indonesia berani untuk mencoba petualangan di luar negeri. Menurut Teco, hal itu akan sangat membantu untuk Timnas Indonesia di masa depan.

"Saya melihat memang seharusnya pemain-pemain dari Indonesia lebih banyak untuk berani bermain bersama tim dari negara lain. Selain menambah pengalaman mereka untuk menambah kualitas sebagai pemain, mereka juga bisa bantu banyak untuk Timnas Indonesia," ujar Teco.

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap/editor, Yus Mei Sawitri, published 19/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini