Sukses

5 Pemain Ini Dibeli MU dengan Harga Murah, tapi Berubah Menjadi Bintang

MU pernah membeli sejumlah pemain dengan harga murah, tapi bisa menjadi andalan dalam tim.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sempat dinobatkan sebagai tim terkaya di alam semesta. Kekayaan klub berjuluk Setan Merah itu menembus 1,2 miliar dolar Amerika Serikat pada 2015.

Dengan kekayaan sebanyak itu, MU tidak ragu menggelontorkan uang sebesar 55 juta euro demi mendatangkan bintang Sporting dan Timnas Portugal, Bruno Fernandes.

Bahkan, Setan Merah mengucurkan 100 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Paul Pogba dari Juventus. Bintang Timnas Prancis itu sempat menjadi pemain termahal di dunia sebelum dipecahkan oleh Neymar.

Terlepas dari itu semua, MU pernah membeli pemain dengan harga yang sangat murah dan berhasil menjadi bintang. Siapa saja pemain termurah MU? Simak ulasannya di halaman berikut:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Edwin van der Sar

Kiper asal Belanda, Edwin van der Sar bergabung di Old Trafford Stadium pada Juli 2005. Dia didatangkan dari Fulham dengan mahar sebesar dua juta pounds.

Sebenarnya, MU sudah mengincar Van Der Sar sejak tahun 1999. Namun dia lebih memilih bertahan bersama Juventus dan bergabung dengan MU saat usianya sudah berusia 34 tahun.

Meski demikian, pria yang kini berusia 44 tahun tersebut sangat berjasa untuk Setan Merah. Enam musim bersama MU, van der Sar mempersembahkan 4 gelar Liga Premier Inggris, 1 piala Liga Champions, dan 1 trofi FIFA Club World Cup.

3 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Agustus 2003, MU mendatangkan pemain ajaib dari Portugal, Cristiano Ronaldo. Dia didapatkan dari Sporting Lisbon dengan nilai transfer sebesar 12,24 juta pounds.

Tidak bisa dimungkiri jika mantan kekasih Irina Shayk itu menjadi pemain yang paling menguntungkan bagi MU. Sebab, enam musim bersama MU, Ronaldo memenangkan delapan gelar dan meraih Ballon d'Or.

Selain itu, pencetak 118 gol dari 292 penampilan tersebut menambahkan uang yang cukup banyak ke rekening MU ketika dia hengkang ke Real Madrid tahun 2009. Dari penjualan Ronaldo, MU mendapat uang sebanyak 57,76 juta pound.

4 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Pada Juli 1996, manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson membeli Ole Gunnar Solskjaer dari klub asal Norwegia, Molde, dengan harga 1,5 juta pounds.

Musim 1998-99, nama Solskjaer akan selalu dikenang fans Setan Merah. Sebab, dia menjadi aktor utama MU memenangkan trofi Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Muenchen di Camp Nou Stadium dengan skor 2-1.

Solskjaer sekarang malah menjadi manajer MU. Dia menggantikan Jose Mourinho sejak musim lalu.

5 dari 6 halaman

Ronny Johnsen

Akhir musim 1995-96, bek andalan MU, Steve Bruce meninggalkan Old Trafford. Sebagai gantinya, Ferguson mendatangkan Ronny Johnsen dari Besiktas.

Untuk mendapatkan Johnsen, MU harus bersaing dengan Tottenham Hotspur. Namun Setan Merah lebih beruntung karena Spurs tidak mempunyai banyak uang untuk mendapatkannya. MU pun mendapatkan Johnsen dengan harga 1,2 juta pounds.

Pria asal Norwegia itu memang banyak dibekap cedera, tapi Johnsen juga punya peran besar ketika membantu MU memenangkan treble winners pada musim 1998-99.

6 dari 6 halaman

Eric Cantona

Tahun 1992, MU gagal mendapatkan striker incarannya, David Hirst, padahal sudah mengajukan tawaran yang lebih tinggi. Kegagalan itu menjadi pertanda baik bagi Setan Merah.

Sebab, mereka berhasil mendapatkan Eric Cantona dari Leeds United dengan harga yang sangat murah, yakni 1,2 juta pounds pada tanggal 21 November 1992.

Lima musim di Old Trafford, Cantona sangat dipuja fans. Dia berhasil mempersembahkan empat gelar Liga Premier Inggris dan 2 piala FA Cup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

Video Terkini