Sukses

10 Cara Menangkal Virus Corona Covid-19 : Etika Bersin Sampai Penanganan Masker

Cara mencegah virus corona penyebab COVID-19. Anda bisa melakukan dengan cara sederhana dan waspada.

Jakarta Beragam cara bisa menjadi pilihan dalam mencegah terkena virus Corona penyebab Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga sudah menginisiasi berbagai cara agar tak terpapar virus yang belum ditemukan vaksinnya itu.

Beberapa langkah tersebut menjadi pengetahuan yang sangat penting ketika 'serangan' virus corona ini sudah masuk ke jenjang tertinggi, yakni pandemi. Oleh karena itu, Kemenkes RI menghimbau masyarakat supaya tetap tenang dan jangan panik menghadapi kasus ini.

Sebaiknya, Sahabat Bola.com mencari informasi yang benar dan akurat tentang perkembangan Covid-19 agar mengetahui situasi wilayah sekitar. Walhasil, dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar.

Namun, andai Sahabat Bola.com berada di wilayah terjangkit Covid-19, seperti di DKI Jakarta, sebaiknya harus serius menghadapi risiko tersebut. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari pihak kesehatan yang berwenang.

Berikut ini beberapa cara agar Sahabat Bola.com bisa terhindar dari terpapar virus corona penyebab Covid-19

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting agar tidak mudah terjangkit suatu penyakit. Jika di suatu tempat berkembang suatu wabah, orang yang mudah terjangkit pertama kali adalah orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Oleh karena itu, guna menjaga diri dari virus, mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, berbanyak minum air putih dan biasakan olahraga. Selain itu, mandi minimal 2 kali sehari, istirahat yang cukup, dan untuk yang suka begadang mulai hari ini kurangi jadwal begadang dulu.

 

3 dari 7 halaman

Mencuci Tangan dengan Sabun

Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah.

Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting sebagai cara mencegah virus corona menjangkit tubuh kita.

 

4 dari 7 halaman

Etika Bersin dan Hindari Kontak

Terapkan Etika Bersin

Saat ini, satu di antara hal termudah adalah menerapkan etika batuk dan bersin. Langkah tersebut sangat berguna melindungi orang-orang dan benda-benda di sekitar terinfeksi cairan mengandung virus yang berasal dari batuk atau bersin, terlepas apakah virus itu corona maupun bukan corona.

Aktivitas tersebut penting sebagai cara mencegah virus corona menyebar di sekitar Sahabat Bola.com

Hindari Kontak dengan Orang Lain

Pemerintah telah menetapkan sistem bekerja dan belajar dari rumah. Patuhilah himbauan tersebut untuk menjaga diri dan orang-orang sekitar dari virus corona penyebab COVID-19.

Bagi yang suka nongkrong, istirahat untuk sementara waktu sampai keadaan menjadi aman. Dengan mengurangi aktivitas inilah cara mencegah virus corona menjangkit tubuh kita.

 

5 dari 7 halaman

Masker Yang Benar

Hindari Menyentuh Segitiga Wajah

Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh. Hal ini memang lumayan sulit, tapi bisa memulai membiasakan diri melakukan hal ini sebagai cara mencegah virus corona hinggap di tubuh.

Gunakan Masker dengan Benar

Walau saat ini harga masker sedang melonjak, tapi demi keamanan, sebaiknya gunakan masker dan menggantinya sehari sekali. Langkah ini dinilai paling efektif sebagai cara mencegah virus corona masuk ke tubuh dan meminimalisir penularan kepada orang lain.

 

6 dari 7 halaman

Buang Masker

Buang Masker yang Setelah Digunakan

Hal ini sebagai satu di antara cara mencegah virus corona menyebar kepada orang di sekitar Sahabat Bola.com. Jika tidak sengaja mereka menyentuh tisu atau masker yang kita letakkan sembarangan, dan ternyata kita terjangkit virus tersebut.

Menunda Perjalanan ke Luar Daerah

Sebagian negara telah menutup aksesnya untuk dikunjungi warga asing. Jika Sahabat Bola.com telanjur membeli tiket pesawat, tidak perlu khawatir karena beberapa penerbangan telah menyiapkan sistem reschedule dan refund kepada wisatawan. Hal itu demi mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19.

 

7 dari 7 halaman

Hindari Bepergian

Hindari Bepergian Saat Sakit

Hindari bepergian ke luar rumah saat merasa kurang sehat. terutama jika merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka.

Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.

Pantau Perkembangan COVID-19

Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu melindungi penularan dan penyebaran penyakit ini.

Yuk, jangan biarkan diri kita dan orang-orang yang kita sayangi terjangkit virus ini dengan melakukan pencegahan-pencegahan di atas. Mulailah dari diri Sahabat Bola.com dan sebarkan kepada yang lain agar mereka mengetahui cara mencegah virus corona dengan tepat. Mari bersama-sama lawan Virus Corona.

Sumber : Kemenkes

Disadur dari : Dream.co.id

Penulis : Reni Novita Sari (24/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.