Sukses

Sempat Berdialog dengan Wander Luiz, Pemain Persib Dinyatakan Negatif Corona Covid-19

Liputan6.com, Bandung - Striker Persib Bandung Wander Luiz menjadi pesepak bola pertama di Indonesia yang positif corona Covid-19. Ia dinyatakan terpapar virus tersebut setelah menjalani Swab Tes pada Kamis (26/3/2020) lalu.

Meski positif, kondisi tubuh Luiz dinyatakan baik karena tidak memiliki gejala khas terinfeksi corona Covid-19. Kendati begitu, penyerang asal Brasil itu tetap menjalani isolasi mandiri.

Lantas, bagaimana status kesehatan para pemain Persib lainnya? Pasalnya, skuat Maung Bandung sempat beberapa kali menggelar sesi latihan bersama sebelum Luiz dinyatakan positif corona Covid-19

Selain itu, Luiz juga diketahui sempat berdialog dengan beberapa pemain seperti Fabiano Beltrame dan Esteban Vizcarra. Fabiano Beltrame, Omid Nazari, dan Geoffrey Castillion juga menjalani pemeriksaan yang sama dengan Luiz.

Namun, dokter tim Persib Rafi Ghani menegaskan pemain yang selalu ada di sekitar Luiz dinyatakan negatif corona Covid-19. Hal itu terlihat dari hasil tes Fabiano, Omid, dan Castillion.

"Kalau pemeriksaan itu sebetulnya prioritas untuk yang bergejala dan yang dinyatakan suspect corona. Kemarin Wander Luiz memang diperiksa dan kejaring positif. Tetapi, orang-orang dekat di sekitarnya kan nggak, seperti Fabiano," kata Rafi di Bandung, baru-baru ini.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi

Rafi juga mengatakan sebelum ada pemain yang dinyatakan positif corona, Persib sudah melakukan berbagai antisipasi. Di antaranya menggelar sosialisasi pencegahan corona Covid-19, tidak melakukan kontak fisik, hingga menggelar tes proaktif pada sejumlah pemain dan ofisialnya.

Terlebih usai Wander Luiz dinyatakan positif, seluruh pemain Persib langsung mengatur jarak sosial. Mereka mengisolasi diri di rumah sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Persib juga langsung melakukan pembersihan menyeluruh dengan disinfektan di asrama pemain dan kantor, termasuk store, cafe, dan radio. Sementara jadwal latihan reguler ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan.

 

 

3 dari 3 halaman

Merasa Lega

Karenanya, Raffi cukup merasa lega lantaran pemain lainnya aman dari penularan corona Covid-19. "Kita sudah melakukan tidak ada kontak fisik social distancing dari 3 Maret lalu. Ini artinya sekarang tidak ada yang sakit di tim," paparnya.

Tapi, SOP-nya karena pernah ada yang deket (dengan Wander Luiz), jadi diperumpamakan sebagai ODP. Kita lakukan isolasi mandiri selama 14 hari," pungkas Rafi.

Sumber: Ayo Bandung