Sukses

Pandemi Virus Corona, Perhatikan Deretan Zat Gizi Ini yang Bisa Tingkatkan Imun

Jakarta Sistem imun tubuh yang kuat adalah kunci agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun pada tubuh memiliki fungsi untuk melawan infeksi dan membunuh racun pada tubuh.

Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 bisa menyerang sistem imun tubuh yang lemah. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak terserang virus corona, manusia perlu mengkonsumsi zat gizi.

Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang bagus bagi tubuh. Selain memperbaiki sistem imun tubuh, vitamin dan mineral juga berfungsi sebagai antioksidan.

Artikel kali ini akan membahas macam-macam vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem imun tubuh pada saat pandemi virus Corona:

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1-3

1. Vitamin A

Selain berfungsi untuk mata, Vitamin A juga berperan penting bagi pemeliharaan sel epitel dalam tubuh. Sel epitel adalah jaringan tubuh yang berfungsi sebagai imunitas tubuh. Gejala yang dialami pada saat terinfeksi corona adalah diare. Vitamin A juga berperan penting bagi saluran pencernaan, agar tidak terkena diare.

Vitamin A juga membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih, untuk menjaga antibody pada tubuh menjadi kuat. Makanan yang mengandung vitamin A, bisa ditemukan pada wortel, bayam, ikan, ubi jalar dan brokoli.

2. Vitamin E

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan kulit, menjaga kesuburan organ reproduksi, menyehatkan mata, sel darah, dan otak. Perlu diketahui vitamin E juga sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk mempertahankan integritas membran sel.

Antiksidan yang terdapat pada vitamin E ini, dapat menangkal kerusakan yang terjadi karena radikal bebas. Vitamin E juga bisa membantu Sel darah atau pembuluh darah yang berada pada tubuh menjadi lebih kuat.

Makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat, kacang-kacangan, mangga, kiwi dan bayam.

3. Vitamin C

Dari dahulu Vitamin C dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu menetralisir radikal bebas. Karena vitamin C mengandung antioksidan, maka vitamin C berperan penting untuk menjaga sel-sel, termasuk sel imun tubuh, agar terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem imun tubuh dengan produksi interferon. Interferon merupakan protein yang melindungi sel dari serangan virus.

Makanan yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, brokoli, kacang polong dan jeruk.

3 dari 4 halaman

4-6

4. Selenium

Selenium merupakan mineral yang mempunyai peranan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida. Peroksida ini bersifat racun pada tubuh. Peroksida pada selenium berubah menjadi radikal bebas, dan juga dapat mengoksidasi asam lemak tidak jenuh pada membran sel, sehingga bisa merusak membran sel.

Selenium memiliki peran sebagai antioksidan, dibantu dengan peran vitamin E. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas membran sel pada imun tubuh.

5. Zinc

Zinc merupakan mineral yang memiliki peranan penting pada tubuh. Zinc juga memiliki peran penting dalam proses asam nukleat. Asam nukleat merupakan senyawa yang ada di dalam sel. sehingga keberadaan zinc mempunyai peranan penting di dalam fungsi imunitas seluler.

Peran zinc di bagi sistem imunitas tubuh adalah membantu sel T membentuk antibodi. Zinc juga dapat membantu enzim dalam membentuk sistem pertahanan tubuh.

Mengkonsumsi suplemen zinc dapat mempercepat penyembuhan penyakit pada lansia dan anak-anak.

6. Zat Besi

Zat besi termasuk untur mineral yang mampu berreaksi dengan oksigen. Zat besi menghasilkan enzim yang mampu mencegah radikal bebas.

Zat besi menyebar pada seluruh tubuh. Sebagian besar berada dalam darah. Darah memiliki fungsi untuk membawa oksigen, dari paruparu ke seluruh jaringan tubuh. Bagi orang yang terkena corona, zat besi memiliki peran penting dalam membantu darah.

Selain itu zat besi juga berperan dalam imunitas dan pembentukan sel-sel limfosit. Zat besi juga membantu tubuh untuk menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau virus.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Gizi Seimbang

Pada saat pandemi corona, mencukupi zat gizi merupakan hal yang harus dilakukan. Zat gizi yang baik harus mengandung vitamin dan juga mineral. Zat gizi ini diperlukan untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Selain menjaga sistem imun tubuh, zat gizi mengandung antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sitem organ yang ada pada tubuh.

Namun, tidak semua vitamin dan mineral dapat dikonsumsi pada makanan. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan meningkatkan sel imun tubuh, vitamin dan mineral dapat di konsumsi melalui suplemen.

Vitamin dan mineral merupakan micronutrisi. Peran vitamin dan mineral tidak terlalu besar di dalam tubuh, kalau tidak diimbangi dengan gizi lainnya. Sehingga untuk meningkatkan sistem imun tubuh, Sahabat Fimela harus mengkonsumsi macronutrisi seperti karbohidrat, protein dan gizi lainnya.

Kalau merasa tubuh tidak sehat, segera konsultasikan pada dokter, agar tidak salah mengkonsumsi suplemen atau makanan.

Sumber: Fimela.com

Disadur dari: Fimela.com (Kezia Prasetya Christvidya, Published 30/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Hendry Wibowo, published 31/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.