Sukses

Corona Covid-19 Bikin Kantong Klub Kering, Operator Liga Inggris Adakan Rapat

Virus corona, yang pertama kali ditemukan di Tiongkok, pun membuat sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa terhenti.

Liputan6.com, London - Pandemi virus corona covid-19 masih belum mereda. Virus yang pertama kali ditemukan di Tiongkok itu pun membuat sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa terhenti.

Salah satu kompetisi yang berhenti sementara adalah Liga Inggris. Keputusan itu membuat ekonomi klub Liga Inggris morat-marit.

Seperti dilansir Sportskeeda, otoritas terkait pun bakal rapat demi membahas kondisi tersebut.

"Operator Liga Inggris, Divisi Championship (EFL), dan Asosiasi Pemain (PFA) akan bertemu demi membahas dampak covid-19 yang semakin serius," tulis pernyataan resmi mereka.

Virus corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia. Di Eropa menurut data New York Times, Sabtu (28/3/2020) , Italia menjadi negara terparah dengan 86.498 kasus positif.

Dari jumlah itu, sebanyak 9.134 orang meninggal dunia. Di Britania Raya sendiri, ada 14.579 kasus dengan 759 orang meninggal lantarna virus corona itu.

Pemerintah Inggris pun telah melakukan lockdown demi menekan angka penyebaran virus. Para warga diimbau untuk berdiam diri di rumah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Ekonomi

Lebih lanjut, ketiga pihak tersebut menyadari ada dampak ekonomi dari penghentian kompetisi karena virus corona. Untuk itu, pertemuan pun akan fokus mencari solusi agar dampak ekonomi itu tidak parah.

"Liga Inggris, EFL, dan PFA setuju, keputusan sulit harus dibuat agar dampak ekonomi dari penghentian kompetisi dapat dikendalikan," tulis pernyataan resmi ketiganya.

3 dari 3 halaman

Pemotongan Gaji

Di sisi lain, beberapa klub Eropa sebelumnya sudah memotong gaji para pemain agar keuangan klub terkendali. Selain itu, pemotongan gaji juga dilakukan untuk membantu petugas medis menghadapi virus corona.

Beberapa klub yang dikabarkan mengambil kebijakan itu adalah Barcelona dan Borussia Dortmund. Para pemain dari kedua tim tersebut rumornya tidak keberatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona