Sukses

3 Cara Kelola Limbah Masker untuk Cegah Penularan Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Sejak merebaknya kasus virus corona covid-19, orang ramai menggunakan masker. Sejumlah orang masih memilih untuk mengenakan masker, meskipun tidak menunjukkan gejala corona.

Selama periode ini memakai masker menjadi lebih umum dari sebelumnya. Permintaan masker pun praktis melonjak tinggi. Lantaran banyaknya permintaan, masker semakin sulit didapat. Jika pun ada banyak pihak yang memanfaatkannya menjual dengan harga tinggi.

Di sisi lain pemakaian atau penggunaan masker juga harus mengikuti standar kesehatan. Terutama setelah digunakan. Pasalnya, masker yang telah digunakan justru bisa menjadi media penularan virus dan agen penyebab penyakit, dan tentu hal ini menjadi sangat berbahaya.

Dilansir dari covid19.kemkes.go.id, ada beberapa tahapan dan cara bagaimana mengelola masker yang telah dipakai, agar tidak menjadi media penularan, terutama virus penyebab corona covid-19. Langkah-langkah berikut ini dapat mengurangi risiko kesehatan akibat cara pembuangan masker bekas pakai.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kumpulkan Masker Bekas Pakai

Saat ini penggunaan masker oleh masyarakat semakin tinggi, hal ini terkait kewaspadaan dengan merebaknya corona covid-19, secara positif juga menandakan kesadaran masyarakat untuk proteksi risiko yang cukup baik.

Namun demikian peningkatan penggunaan masker juga dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab. Dan, dikhawatirkan masker bekas pakai dilakukan daur ulang dan dijual kembali di pasar.

3 dari 4 halaman

Kelola Masker Bekas Pakai

Lakukan desinfeksi dengan cara rendam masker yang telah digunakan pada larutan disinfektan/ klorin/pemutih.

Untuk masker individu rusak talinya dan robek tengah sehingga tidak dapat digunakan ulang, buang ke tempat sampah domestik.

4 dari 4 halaman

Kumpulkan Masker di Tempat Aman

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir/gunakan hand sanitizer bila tidak ada sarana cuci tangan.

Diharapkan dengan mengikuti tahapan-tahapan pengelolaan masker bekas pakai seperti di atas, potensi risiko penularan akibat penyalahgunaan penggunaan masker dapat dihindari. Selain itu, kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker akan meminimalisir potensi penularan virus, seperti virus SARS-COV2, penyebab corona covid-19.