Sukses

Shopee Liga 1: Peta Sebaran Pemain Naturalisasi dan Dampaknya bagi Klub

Jakarta - Shopee Liga 1 2020 diramaikan 19 pemain naturalisasi. Mereka tersebar di klub-klub peserta dan punya peran penting dalam tim.

Persib Bandung menjadi klub dengan pengguna jasa pemain naturalisasi terbanyak di Shopee Liga 1 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu menggunakan jasa Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, dan Victor Igbonefo.

Mayoritas pemain-pemain tersebut menghuni tim inti Persib dengan jumlah 3 kali bermain, kecuali Fabiano Beltrame yang baru bermain sekali. Dampak yang diberikan para pemain naturalisasi itu cukup terasa karena Persib saat ini menghuni puncak klasemen sementara.

Persib mengoleksi sembilan poin hasil tiga kali kemenangan. Klub asuhan Robert Alberts itu pun baru kebobolan dua kali dan mencatatkan sekali clean sheet.

"Tentu bagus mempunyai pemain naturalisasi dan jika melihat Kim sebagai contoh, bagi saya dia lebih seperti pemain lokal. Fabiano juga bagi saya pada prinsipnya seperti pemain lokal karena sudah lama berada di sini dan dia juga tidak bermain selama satu musim di musim lalu," kata Robert beberapa waktu lalu.

"Normalnya pemain dengan usia seperti Fabiano akan kesulitan. Akan tetapi masih mendapat tempat dan kesempatan dari klub untuk tetap bermain dan kami juga harus memberi apresiasi terhadap kesetiaannya kepada Persib dan juga Bobotoh. Dia pantas mendapatkan itu," tegas pelatih asal Belanda itu.

Data Shopee Liga 1 2020 mencatat, sebanyak 19 pemain naturalisasi Indonesia saat ini tersebar pada 13 klub. Adapun klub yang sama sekali tidak menggunakan jasa pemain naturalisasi adalah PSS Sleman, Persela Lamongan, Arema FC, Persipura Jayapura, dan PSIS Semarang

2 dari 3 halaman

Bukan Jaminan

Persib Bandung adalah contoh klub Shopee Liga 1 2020 yang berhasil memaksimalkan kinerja pemain naturalisasi. Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman tak menampik mantan klubnya itu menjadi pesaing gelar terberat musim ini.

"Tahun ini banyak klub yang serius mempersiapkan diri dalam belanja pemain. Persib misalnya, banyak sekali pemain naturalisasi. Jadi menurut saya, mereka bakal menjadi pesaing terkuat dalam perebutan juara Liga 1 musim ini," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Meski demikian, pemain naturalisasi tak memulu menjadi jaminan kesuksesan sebuah klub. Permohonan pemain untuk menjadi Warga Negara Indonesia sejatinya tidaklah sulit. Ukuran seorang pesepak bola ingin menjadi WNI bukan melalui kemampuannya.

Contohnya adalah Persipura Jayapura yang tak menggunakan pemain naturalisasi. Pelatih Jacksen F. Tiago dengan kekuatan mayoritas pemain lokal mampu mengangkat performa klub berjuluk Mutiara Hitam itu.

Selain itu, Madura United yang menggunakan dua pemain naturalisasi, yakni Greg Nwokolo dan Beto Goncalves belum mampu tampil konsisten. Klub asuhan Rahmad Darmawan itu baru meraih sekali kemenangan dalam tiga laga.

3 dari 3 halaman

Peta Penyebaran

Persib Bandung

Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, Victor Igbonefo

Bali United

Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly

Borneo FC

Diego Michiels, Guy Junior

PSM Makassar

Osas Saha, Ezra Walian

Madura United

Greg Nwokolo, Beto Goncalves

Bhayangkara FC

Herman Dzumafo, Lee Yoo-joon

Persija Jakarta

Otavio Dutra

Persikabo

Silvio Escobar

Persita Tangerang

Raphael Maitimo

Persebaya Surabaya

Zoubairou Garba

Barito Putera

OK John

Persik Kediri

Sackie Doe

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfiradus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 25/3/2020)

 

Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis
Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Terbaru Pesepak Bola yang Terjangkit Virus Corona Covid-19: Giliran Kiper Atalanta yang Positif
Artikel Selanjutnya
Kehilangan Rasa dan Bau Tiba-tiba, Waspada Jadi Pembawa Corona Covid-19