Sukses

Marak Merchandise KW, Begini Cara Persija Mencegahnya

Persija Jakarta semakin menunjukkan diri sebagai salah satu tim yang begitu profesional di Shopee Liga 1 2020.

Jakarta - Maraknya pembajakan merchandise membuat Persija mengambil langkah tegas. Terbaru manajemen Macan Kemayoran mendaftarkan desain jersey mereka musim ini kepada Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Bukan tanpa sebab Persija sampai datang ke HKI. Mereka ingin memproteksi ide dan desain jersey musim 2020.

Seluruh jersey didaftarkan untuk memproteksi dari tindakan ilegal, yakni seragam kandang, tandang, alternatif dan tiga jersey penjaga gawang.

Dengan langkah ini maka seluruh desain jersey Persija dilindungi Undang-Undang No 31 Tahun 2000 tentang desain industri, yang salah satu di dalamnya mengatur tentang hak desain industri.

Selain desain jersey, manajemen Macan Kemayoran juga mendaftarkan logo Persija dan JUARA sebagai apparel resmi. Hal ini membuat segala bentuk penggunaan logo Persija dan JUARA dalam bentuk produksi tanpa izin akan diganjar hukuman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Bisa Memalsukan

Kebijakan ini membuat seluruh pihak tidak dapat memalsukan segala bentuk aset Persija. Karena sesuai UU No 31 Tahun 2000 pasal 54, pelanggar dapat dipidana paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak Rp 300.000.000,00.

Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto menyatakan, langkah ini dimulai untuk melindungi aset-aset Persija.

“Sepak bola kini sudah memasuki dunia industri tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai klub profesional, manajemen ingin tidak ada lagi tindakan yang merugikan seperti pemalsuan desain jersey dan bentuk-bentuk lainnya,” ujar Ambono mengutip dari situs persija.id.

Sumber: persija.id

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus, editor Hendry, published 20/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.