Sukses

Formula E Jakarta Ditunda demi Keselamatan Warga Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ajang internasional Formula E yang bakal digelar di Jakarta pada 6 Juni 2020 mengalami penundaan. Keputusan tersebut dibuat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada hari ini, Rabu 11 Maret 2020.

Dalam surat pemberitahuan dengan nomor 117/-1/857/73/ tertulis soal penundaan gelaran Formula E di Jakarta dan ditanda tangan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Penyebaran virus Corona di Jakarta menjadi penyebab utamanya.

Dalam surat tersebut tertulis, Pemprov DKI Jakarta mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya.

Namun dalam surat tersebut, tidak dijelaskan hingga tanggal berapa Formula E Jakarta bakal mengalami penundaan. Diketahui, hingga saat ini, sudah ada 27 orang Indonesia dinyatakan positif terjangkir virus Corona.

Plus belum ada keterangan juga apakah Pemerintah DKI Jakarta sudah melakukan koordinasi dengan penyelenggara Formula E.

 

2 dari 4 halaman

Langkah Terbaik

Sementara itu, Dwi Wahyu Daryoto selaku Director of Jakarta Propertindo & Chairman of the OC, mengatakan, langkah penundaan Formula E ini sudah menjadi keputusan yang tepat. Pihaknya lebih memikirkan kesehatan rakyat Indonesia, terkhusus di Jakarta.

"Langkah ini kami ambil sebagai upaya preventif terhadap perkembangan COVID-19 denganpertimbangan mengutamakan keselamatan masyarakat di Indonesia, khususnya di Ibukota."

"Setelah berdiskusi intensif dengan FEO dan pemangku kepentingan terkait, kami sampai padakesepakatan bahwa Jakarta E-Prix ditunda pelaksanaannya dari jadwal semestinya 6 Juni 2020," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Hanya Jakarta

Yang pasti penundaan Formula E di Jakarta bukan satu-satunya yang terjadi. Tercatat dua negara juga sudah menunda gelaran balap ini.

Negara pertama adalah China yang seharusnya menggelar lomba di Sirkuit Jalan Raya Haitang Bay, 21 Maret.

Negara kedua yaitu Italia yang seharusnya menghelat lomba di Sirkuit Jalan Raya Cittadino dell'EUR, 4 April.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: