Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2020: Belanda Kembali ke Panggung Utama

Pada edisi sebelumnya di Prancis, Belanda gagal lolos ke turnamen utama Piala Eropa.

Jakarta - Timnas Belanda kembali meramaikan persaingan setelah lolos ke Piala Eropa 2020. Tim Oranye tampil usai menjadi runner-up Grup C kualifikasi di bawah Jerman. 

Pada edisi sebelumnya di Prancis, Belanda gagal lolos ke putaran final. Selain itu mereka juga tidak tampil di Piala Dunia 2018. Menyusul dua kekecewaan tersebut, Belanda kini hadir dengan komposisi pemain yang sedang naik daun.

Di lini belakang, pasukan Ronald Koeman punya Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt. Van Dijk merupakan kapten tim yang kariernya bersinar di Liverpool. Pemain berusia 28 tahun ini masuk daftar kandidat peraih Ballon d’Or 2019.

Sementara, Matthijs de Ligt menjadi satu di antara pemain Belanda yang menjadi properti panas di klub Eropa pada bursa transfer tahun lalu.

Belanda mempunyai kekuatan di lini tengah. Mereka bakal mengandalkan gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum serta dua pemain muda, Donny van de Beek (Ajax) dan Frenkie de Jong (Barcelona).

Pada perjalanan menuju putaran final Piala Eropa 2020, Belanda bersaing ketat dengan Jerman. Kedua tim saling mengalahkan pada laga kualifikasi.

Namun, pada laga ketujuh di kualifikasi, Belanda bermain imbang tanpa gol kontra Irlandia Utara. Sedangkan Jerman memenangi semua pertandingan dan lolos sebagai juara grup.

Timnas Belanda diprediksi bakal memanaskan persaingan Piala Eropa 2020, dengan komposisi tim yang lebih segar dan perjalanan yang lumayan mulus ke putaran final. Belanda tergabung di Grup C bersama Austria, Ukraina, dan pemenang play-off D atau A.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pemain Bintang: Virgil van Dijk

Virgil van Dijk bakal menjadi kekuatan sentral Timnas Belanda, terutama di lini belakang dan secara keseluruhan dengan perannya sebagai kapten.

Ia tampil gemilang bersama Liverpool dan Timnas Belanda pada musim 2018-2019. Pemain berusia 28 tahun ini mengantar Liverpool berhasil meraih trofi Liga Champions musim lalu dan Piala Super Eropa 2019.

Van Dijk juga berhasil membawa Belanda lolos hingga ke final UEFA Nations League 2018-2019, walau akhirnya kalah dari Portugal.

Berkat penampilan yang gemilang itu, Van Dijk meraih penghargaan PFA Players' Player of the Year 2018-2019, Premier League Player of the Season 2018-2019, dan UEFA Men's Player of the Year Award 2018-2019.

Van Dijk juga bersaing dalam perebutan The Best FIFA Men's Player 2019. Namun, mantan pemain Southampton itu harus puas berada di peringkat kedua, karena kalah dari Lionel Messi yang keluar sebagai pemenang.

Pemain berdarah Suriname itu masuk kandidat peraih Ballon d'Or 2019. Tetapi lagi-lagi, dia kalah bersaing dengan Messi. 

3 dari 6 halaman

Profil Pelatih: Ronald Koeman

Ronald Koeman menempati kursi pelatih kepala Timnas Belanda pada awal Februari 2019. Mantan manajer Everton itu menangani skuat Oranje sampai 2022.

Koeman menggantikan Dick Advocaat yang mundur pada November 2017. Advocaat mundur karena gagal membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Ronald Koeman merupakan pelatih keempat timnas Belanda dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya, Guus Hiddink, Danny Blind, dan Dick Advocaat gagal membawa Belanda tampil di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Sepanjang kariernya sebagai manajer klub, Koeman telah memberikan gelar liga domestik kepada Ajax Amsterdam (2001-2002, 2003-2004) dan PSV Eindhoven pada musim 2006-2007. Pelatih berusia 55 tahun ini juga memberikan gelar Copa del Rey bagi Valencia pada musim 2007-2008. 

Piala Eropa 2020 merupakan ajang pembuktian bagi Koeman, setelah membawa Belanda ke putaran final dan partai puncak UEFA Nations League.

4 dari 6 halaman

Perkiraan Skuat

Kiper: Jasper Cillessen, Kenneth Vermeer, Jeroen Zoet, Marco Bizot

Belakang: Hans Hateboer, Kenny Tete, Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Patrick van Aanholt, Stefan de Vrij, Daley Blind, Denzel Dumfries

Tengah: Pablo Rosario, Davy Propper, Calvin Stengs, Steven Bergwijn, Georginio Wijnaldum, Quincy Promes, Kevin Strootman, Tonny Vilhena, Donny van de Beek, Frenkie de Jong

Depan: Luuk de Jong, Ryan Babel, Memphis Depay, Steven Berghuis, Myron Boadu, Wout Weghorst, Justin Kluivert, Donyell Malen

5 dari 6 halaman

Perjalanan ke Putaran Final

Belanda hanya terpeleset pada matchday ketujuh babak bualifikasi Piala Eropa 2020, yakni ketika bermain imbang dengan Irlandia Utara. Berikut adalah hasil pertandingan Belanda di babak kualifikasi:

Belanda Vs Belarusia 4-0

Belanda Vs Jerman 2-3

Jerman Vs Belanda 2-4

Estonia Vs Belanda 0-4

Belanda Vs Irlandia Utara 3-1

Belarusia Vs Belanda 1-2

Irlandia Utara Vs Belanda 0-0

Belanda Vs Estonia 5-0

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Grup C

Grup C

14 Juni 2020

Belanda Vs Ukraina

Johan Cruyff Arena, Amsterdam

 

18 Juni 2020

Belanda Vs Austria

Johan Cruyff Arena, Amsterdam

 

22 Juni

Pemenang play-off Vs Belanda

Johan Cruyff Arena, Amsterdam

 

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Wiwig Prayugi/Editor: Wiwig Prayugi, published 27/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.