Sukses

Tatap All-England, China Pastikan Atletnya Bebas Virus Corona

Bebas virus corona, atlet-atlet bulutangkis China siap turun di turnamen All-England yang berlangsung di Birmingham, Inggris, pada 11-15 Maret 2020.

Liputan6.com, Birmingham - Atlet-atlet bulutangkis China siap turun di turnamen All-England yang berlangsung di Birmingham, Inggris, pada 11-15 Maret 2020.

Menurut Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA), atlet-atlet mereka telah dinyatakan bebas dari virus corona sehingga diperbolehkan kembali berlaga, termasuk pada tiga turnamen bulu tangkis di Eropa.

Seperti dilansir situs BWF, CBA menyatakan bahwa para atlet China dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi maupun diduga terinfeksi virus corona atau yang punya nama lain Covid-19.

"Kami ingin menjelaskan bahwa tim bulu tangkis China dalam keadaan sehat dan tidak ada yang dinyatakan terinfeksi atau diduga terinfeksi," bunyi pernyataan yang disampaikan CBA

Bahkan, sekarang sebagian atlet tim nasional China juga telah tiba di Inggris untuk berlatih demi tampil di turnamen besar terdekat, yakni All England

"Sejak merebaknya wabah virus corona, ada banyak perhatian apakah tim China bisa berpartisipasi atau tidak," sambungnya.

"Mayoritas tim melakukan perjalanan ke Inggris untuk pemusatan latihan pekan lalu dan sisanya masih berada di Beijing untuk mengajukan visa."

Sejak merebaknya wabah virus corona di China membuat tim bulu tangkis Negeri Tirai Bambu itu kesulitan untuk mengikuti kompetisi di negara lain, karena kekhawatiran akan terinfeksi Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketakutan

Akibat ketakutan tersebut, para pemain China menarik diri dari Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Filipina lantaran pemerintah setempat melarang warga China memasuki wilayahnya. Tak hanya itu, beberapa kejuaraan di China yang dijadwalkan digelar pada Februari-Maret pun terpaksa ditunda atau dibatalkan.

Namun, kekhawatiran tersebut kini telah terjawab saat para pebulu tangkis China akhirnya dibolehkan bertanding di turnamen internasional. Tim bulu tangkis China dijadwalkan akan berpartisipasi pada beberapa turnamen termasuk German Open, All England, dan Swiss Open.

 

3 dari 3 halaman

Berharap Diizinkan

"CBA dengan bantuan BWF dan pihak lain sedang berupaya untuk memastikan mereka tampil dalam turnamen tersebut."

Bukan tanpa alasan mereka berharap dapat diizinkan bertanding, sebab turnamen-turnamen tersebut sangat penting dalam penentuan kelolosan atletnya menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.