Sukses

5 Pemain asal Brasil yang Jadi Tulang Punggung Liverpool

Bakat talenta-talenta Negeri Samba memikat hati para petinggi Liverpool, dan mereka sukses menjadi tumpuan The Reds hingga sekarang.

Jakarta Liverpool tinggal menunggu waktu untuk ditahbiskan sebagai juara Liga Inggris 2019-2020. Keunggulan jauh 22 poin dari posisi dua di klasemen Liga Inggris menjadi penyebab Liverpool hampir pasti juara.

Dari 26 laga yang dimainkan tim besutan Jurgen Klopp berhasil memenangi 25 laga di antaranya. Hanya satu pertandingan yang berkesudahan imbang, yaitu saat melawan Manchester United. 

Kegemilangan Liverpool tak lepas dari sosok manajer bertangan dingin, Jurgen Klopp. Perlahan tapi pasti Klopp mengubah The Reds menjadi tim papan atas yang menakutkan bagi lawan-lawan. 

Dia piawai memaksimalkan kemampuan anak asuhnya. Klopp juga jeli dalam bermanuver di bursa transfer , sehingga mendapatkan pemain yang sesuai kebutuhan tim. 

Di antara pemain andalan Liverpool saat ini, beberapa di antaranya berasal dari Brasil. Satu di antaranya Roberto Firmina. Para pemain Brasil di Liverpool sudah terbukti kontribusinya. 

Dalam beberapa tahu terakhir, Liverpool mendapatkan beberapa pemain Brasil yang mumpuni. Sayang ada beberapa juga yang telah meninggalkan Anfield. 

Siapa saja pemain asal Brasil yang pernah dan masih memperkuat Liverpool? Berikut lima di antaranya yang dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (21/02/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Roberto Firmino

Roberto Firmino diboyong oleh Liverpool ke Anfield pada 2015. Sejak itu, dia cepat beradaptasi dan sekarang telah menjadi pujaan publik Anfield. 

Firmino didatangkan dari Hoffeinheim. Di klub tersebut dia mengoleksi 49 gol dan 36 assist, sepanjang 140 pertandingan. 

Sang pemain juga moncer bersama The Reds. Dia telah mengoleksi 76 gol dan 59 assist dari 230 laga yang dijalani di Anfield. Firmino menjadi komposisi dari trio maut The Reds bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Pemain berkaki kidal itu mencetak gol penting untuk Liverpool saat melakoni partai final Piala Dunia Antarklub melawan Falmengo, pada tahun lalu. Gol tersebut membuat Liverpool mengangkat trofi pertama dalam perhelatan tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho kini nasibnya simpang siur di raksasa Barcelona, karena sedang menjalani masa peminjaman di Bayern Munchen. Ia hengkang dari Liverpool karena tergiur meraih trofi Liga Champions bersama Barcelona. 

Countinho yang bersinar bersama Inter Milan direkrut Liverpool dengan mahar 13 juta Euro (Rp194 miliar) pada 2013.

Bersama Liverpool Countiho tidak memberikan gelar apa pun. Pencapaian terbaik Coutinho di Liverpool saat hampir mengantar timnya tersebut menjuarai Premier League musim 2013-2014 diwarnai dengan blunder yang dilakukan oleh Steven Gerard.

4 dari 6 halaman

3. Lucas Leiva

Pemain yang kini memperkuat Lazio disebut sebagai salah satu pemain Brasil yang menikmati kesuksesan di Premier League. Leiva tercatat memperkuat The Reds selama 10 tahun, pada 2007 hingga 2017. 

Lucas Leiva awalnya tak mendapat dukungan dari suporter Liverpool. Setahun merumput di Anfield, dia dicemooh sejumlah fans menyusul hasil imbang 0-0 kontra Fulham.

Saat itu, dia dibela oleh sang manajer The Reds, Rafael Benitez. "Orang-orang hanya tidak tahu betapa bagusnya Lucas," kata Benitez. 

Benitez ternyata benar, dua tahun berselang dia menjadi Pemain Terbaik. Perlahan dia menjadi salah satu favorit para pemain Liverpool. 

 

 

5 dari 6 halaman

4. Alisson Becker

Selama dua tahun memperkuat AS Roma, pada 2016-2018, Alisson Becker berhasil membuktikan kualitasnya. Bakatnya mulai mendapat perhatian dari klub-klub besar Eropa lainnya. 

Salah satu klub yang langsung kesengsem dengan kemampuan Alisson adalah The Reds. Liverpool akhirnya memboyong sang penjaga gawang pada musim panas 2018. 

Perlahan tapi pasti, posisinya di bawah mistar Liverpool benar-benar tak tergantikan. Dia menjadi salah satu alasan Liverpool sulit dikalahkan dalam dua tahun terakhir. 

 

6 dari 6 halaman

5. Fabinho

Lahir di Campinas, Brasil, Fabinho telah menjadi pemain yang diperhitungkan. Dia direkrut Liverpool dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas 2018. The Reds harus merogoh kocek senilai 45 juta euro (Rp671 miliar).  

Bersama Liverpool, Fabinho bisa menunjukkan taji dan kemampuan. Dia menjadi salah satu pilar tak tergantikan di skuat Liverpool. Sang pemain telah mengoleksi satu gelar Liga Champions dan satu gelar Piala Super Eropa.

Bersama Jordan Henderson serta Wijnaldum, dia bahu-membahu memperkuat lini tengah Liverpool. Keberadaan Fabinho menjadi satu di antara alasan The Reds bermain tangguh pada musim ini. 

Disadur dari Bola.com (Alif/Yus Mei,published 22/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.