Sukses

Skandal Medsos Guncang Barcelona, Lionel Messi: Ini Aneh

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi akhirnya angkat suara terkait temuan Cadena SER. Menurut. Jaringan radio asal Spanyol itu mengungkap peran I3 Ventures di balik akun-akun palsu yang selama ini menjelek-jelekkan pemain Barcelona dan sebaliknya menyanjung Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu beserta jajarannya. 

I3 Ventures merupakan perusahaan konsultan media yang bekerja untuk Barelona. Bartomeu tidak membantah bila mereka telah bekerjasama sejak 2017 lalu. Meski demikian, Bartomeu membantah bahwa pihaknya sengaja  I3 Ventures untuk menjatuhkan reputasi para pemain dan sosok lainnya. 

Bartomeu bahkan mengancam akan memperkarakan laporan tersebut. Dia menganggap temuan Cadena SER sebagai berita bohong yang berpotensi merusak reputasi Barcelona. 

Bartomeu juga segera menemui para pemain untuk mengklarifikasi berita tersebut. Orang nomor satu di tim asal Catalunya itu sengaja datang ke lokasi latihan Barcelona, Selasa malam (18/2/2020).

Menurut Messi, tidak ada yang berubah dari keterangan Bartomeu. Pria berusia 57 tahun itu hanya mengulangi pernyataan yang disampaikannya kepada publik lewat jumpa pers sebelumnya. 

"Kabar itu sempat mengagetkan saya karena saya kebetulan tidak berada di sana dan baru pulang dari perjalanan. Ketika pulang saya hanya tahu sedikit saja," kata Messi kepada Mundo Deportivo. 

"Presiden memberi tahu hal yang sudah dikatakannya kepada publik: sama dengan keterangan pada jumpa pers. Apa yang terjadi, perkembangan situasinya dan saya tidak bisa bicara lebih banyak lagi. Seperti yang sudah kalian tahu, dia juga mengatakan hal yang sama secara personal kepada kapten."

 

2 dari 4 halaman

Merasa Janggal

Messi merasa kejadian ini janggal. Namun dia enggan berkomentar lebih jauh.

"Saya pikir sangat aneh hal ini bisa terjadi. Tapi mereka juga bilang ada saksi. Kami harus menunggu untuk mengetahui kebenarannya. Kami tidak bisa berkomentar lebih banyak lagi dan kami masih menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya. Saya pikir itu memang subjek yang aneh," kata Messi.

3 dari 4 halaman

Laporan Cadena SER

Suasana internal tim Barcelona kembali memanas. Setelah sempat heboh dengan cecok Lionel Messi dengan Eric Abidal kini tim asal Catalunya tersebut kembali diterpa kabar yang kurang sedap.

Manajemen Barcelona dituding memanfaatkan media sosial untuk merusak reputasi para pemainnya. Perusahaan media I3 Ventures yang bekerja untuk Barcelona dianggap sebagai aktor intelektualnya.

Radio Spanyol, Cadena SER, yang pertama mengungkap skandal ini kepada publik. Lewat program El Larguero, Cadena SER dibekali sejumlah dokumen yang menunjukkan hubungan I3 Ventures dengan enam akun Facebook yang selama ini kerap mendiskreditkan para pemain Barcelona, seperti Gerard Piqué, Lionel Messi hingga sosok lainnya termasuk Víctor Font, Pep Guardiola, dan Xavi Hernandez.

Keenam akun itu terdiri dari, Més que un club (66,000 followers), Respeto y Deporte (56,000), Alter Sports (27,000), Sport Leaks (21,000), Justicia y Diálogo en el Deporte (8,500) y Jaume, dan un film de terror (5,000). Akun-akun ini juga menyerang mantan pemain dan legenda Barcelona lainnya.

Hanya saja, sikap keenam akun ini melunak bila berkaitan dengan manajemen, terutama Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Mereka selalu memuji-muji para dewan direksi Blaugrana.

(Baca lanjutan Skandal Akun Medsos Barcelona lewat tautan ini).

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Loading