Sukses

Piala Gubernur Jatim: Strategi Farias Dapat Acungan Jempol Pemain Persija

Strategi Pelatih Persija, Sergio Farias dapat acungan jempol pemainnya.

Malang - Persija Jakarta, sikses melenggang ke partai puncak Piala Gubernur Jatim. Strategi sang pelatih, Sergio Farias pun mendapatkan banyak pujian setelah berani melakukan rotasi pemain selama turnamen berlangsung.

Persija Jakarta melaju ke final Piala Gubernur Jatim 2020 setelah mendepak Madura United dengan skor 2-1, Senin (17/2/2020). Klub berjuluk Macan Kemayoran belum terkalahkan dalam empat pertandingan.

Persija sukses finis di puncak klasemen Grup B dengan raihan enam poin. Klub ibu kota juga tampil tajam dengan torehan sembilan gol dalam empat laga.

Selain itu, Persija juga minim kebobolan. Marko Simic dkk. hanya kebobolan tiga kali dalam empat laga yang dimainkan.

Keberhasilan Persija tak terlepas dari kecerdikan Sergio Farias. Dalam empat laga tersebut, pelatih asal Brasil itu kerap melakukan eksperimen dalam merotasi atau memindahkan posisi pemain.

Contohnya memainkan Alfath Fathier sebagai bek kiri, Tony Sucipto yang dicoba menjadi bek kiri, dan Novri Setiawan yang diberi keleluasaan bermain di berbagai posisi.

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, saat menghadiri sesi latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Pria asal Brasil ini akan memimpin pasukan Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain itu, Sergio Farias juga memberikan kesempatan pada pemain muda Persija untuk unjuk gigi di Piala Gubernur Jatim. Adrianus Dwiki dan Resky Fandi diberi kesempatan untuk tampil pada turnamen tersebut.

"Turnamen pramusim seperti ini memang kesempatan pemain muda untuk unjuk gigi. Selain jadwal pertandingan yang padat, semua pemain harus punya kesempatan bermain yang sama," kata bek Persija, Maman Abdurrahman, seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (18/2/2020).

Kiper Shahar Ginanjar juga mengapresiasi keputusan rotasi yang dilakukan Sergio Farias. Menurut Shahar, hal ini sangat baik untuk persiapan Liga 1 2020.

"Rotasi sangat baik dalam persiapan di kompetisi nanti. Semua pemain harus siap dan dapat bersaing di setiap posisi. Termasuk pemain muda bila ingin berkembang harus berani menunjukkan kualitasnya karena bermain untuk klub besar seperti Persija Jakarta," tegas Shahar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinanti Persebaya

Persija Jakarta bakal menghadapi Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatim 2020. Laga tersebut bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Kamis (20/2/2020).

Ini menjadi ujian terakhir dari Persija Jakarta. Mental para pemain pun bakal diuji karena tampil di stadion yang merupakan markas dari Persebaya.

Disadur dari: Bola.com

Reporter: Zulfirdaus Harahap / Editor: Wiwig Prayugi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.