Sukses

Gelar Liga Inggris 2013-2014 Manchester City Berpotensi Dicopot, Liverpool Dapat Hibah?

Juara Liga Inggris musim lalu, Manchester City terkena sanksi dari UEFA setelah melakukan pelanggaran Financial Fair Play pada periode 2012-2016.

Liputan6.com, Manchester - Manchester City berpotensi kehilangan gelar Liga Inggris mereka di musim 2013/2014. Hal itu menyusul ditemukannya pelanggaran serius oleh The Citizens, yang melakukan penipuan untuk mengecoh aturan Financial Fair Play.

UEFA telah menjatuhkan sanksi kepada Manchester City atas pelanggaran tersebut. Klub yang identik dengan warna biru langit itu dilarang tampil di kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) selama dua musim.

Manchester City sendiri telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga atau CAS terhadap keputusan tersebut. Apabila itu yang terjadi, penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan CAS.

Bukan tidak mungkin, transaksi Manchester City di masa lalu juga terungkap. Operator Liga Inggris pun juga akan ambil bagian dalam penyelidikan tersebut.

Seperti dilansir Daily Mail, komite kompetisi Inggris bisa saja mengurangi poin secara retrospektif, yang berarti Manchester City terancam kehilangan gelar juara Liga Inggris musim 2013-2014.

The Citizens meraih trofi Liga Inggris 2013-2014 dalam salah satu persaingan juara paling sengit dalam beberapa tahun terakhir. Manchester City juara dengan mengoleksi 86 poin, hanya unggul empat poin dari Liverpool, yang finis di peringkat kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Mustahil

Walaupun perjalanan menuju dicopotnya gelar Liga Inggris milik Manchester City pada musim 2013-2014, masih panjang dan berliku, tapi hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil.

Apalagi UEFA menyatakan bahwa periode antara 2012-2016 adalah ketika Manchester City melebih-lebihkan pendapatan sponsor mereka, yang berarti secara teori, gelar Liga Inggris 2013-2014 dapat dilucuti.

3 dari 3 halaman

Diserahkan ke Liverpool

Jika itu yang terjadi, maka trofi Liga Inggris musim itu bisa diserahkan ke Liverpool secara retrospektif, karena klub asal Merseyside tersebut finis di posisi kedua pada musim 2013-2014.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Premier League