Sukses

Berlabel Bintang, 6 Pesepak Bola Ini Pindah Klub dengan Status Bebas Transfer

Beberapa pemain berlabel bintang ini justru pergi dengan status bebas transfer alias gratisan.

Milan - Bursa transfer musim dingin Januari 2020 segera berakhir. Beberapa klub masih bermanuver memboyong pemain-pemain incaran mereka. 

Sejauh ini transfer yang terjadi belum ada yang melibatkan dana yang cukup besar. Bahkan, ada beberapa klub yang beruntung mendapatkan pemain berlabel bintang tanpa mengucurkan dana sedikit pun.

Hal tersebut biasanya diperoleh karena pemain yang bersangkutan kontraknya baru saja berakhir. Satu di antara klub yang memeroleh pemain berlabel bintang dengan gratisan ialah AC Milan.

Peraih tujuh kali trofi Liga Champions itu kembali sukses mendaratkan Zlatan Ibrahimovic. Rossoneri mendapatkan Ibrahimovic setelah kontraknya bersama LA Galaxy selesai.

Sejak Ibrahimovic bergabung, AC Milan belum pernah terkalahkan. Dari lima pertandingan terakhir, Il Diavolo Rosso meraih empat kali kemenangan dan satu kali imbang.

Pada akhir musim ini, beberapa pesepak bola seperti Edinson Cavani, Toby Alderweireld hingga Luka Modric akan habis kontraknya dan berpotensi hengkang secara gratis.

Padahal, pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Neymar Junior, Philippe Coutinho hingga Kylian Mbappe dilepas dengan harga selangit. Namun, ada beberapa pemain bintang yang justru pernah merasakan pergi dengan status bebas transfer alias gratis.

Siapa saja pesepak bola tersebut? Berikut ini Bola.com merangkum dari Give Me Sports, pemain bintang yang hengkang dengan status bebas transfer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Raul Gonzales ke Schalke 04

Raul Gonzales hengkang dari Real Madrid ke Schalke 04 pada 2010. Kepergian Raul tersebut bisa dibilang sangat mengejutkan.

Pemain asal Spanyol itu membela panji El Real selama 16 musim. Bersama Real Madrid, Raul mampu mencatatkan 741 penampilan dengan mengemas 325 gol dan 108 assist di berbagai ajang.

Sementara, saat berseragam Schalke 04 Raul mencetak 40 gol dan 21 assist dari 98 penampilan. Selain itu, selama berkarier di Jerman Raul mampu membawa Schalke meraih dua trofi.

3 dari 7 halaman

2. Andrea Pirlo ke Juventus

Performa Andrea Pirlo bersama AC Milan bisa dibilang sangat mengesankan. Namun, Rossoneri melakukan kesalahan saat melepas sang pemain ke klub Serie A lainnya, Juventus, dengan status bebas transfer.

Meski sudah berusia 32 tahun, kala itu Pirlo mampu mempersembahkan empat scudetto untuk Nyonya Tua selama empat musim di Turin. Kemudian Pirlo juga mampu menyumbang 19 gol dan 38 assist selama berkostum Juventus.

4 dari 7 halaman

3. Zlatan Ibrahimovic ke Manchester United

Sebelum bergabung dengan AC Milan dengan status bebas transfer, Zlatan Ibrahimovic terlebih dahulu menjadi bagian Manchester United dengan status yang sama pada 2016.

Kala itu, Zlatan Ibrahimovic merapat ke Setan Merah dari Paris Saint-Germain. Selama bermain untuk Manchester United, Ibrahimovic mampu mengemas 28 gol di berbagai kompetisi.

Selain itu, Ibrahimovic mampu mempersembahkan gelar Liga Europa pada musim perdananya. Namun, pada musim keduanya eks pemain Ajax Amsterdam itu mengalami cedera lutut yang membuatnya absen.

Kondisi tersebut membuat Manchester United memutuskan untuk melepasnya.

5 dari 7 halaman

4. Dani Alves ke Juventus

Barcelona melepas Dani Alves ke Juventus dengan status gratis pada 2016. Padahal, Alves bisa dibilang bek kanan terbaik yang pernah dimiliki El Barca.

Selama berkostum Barcelona, Alves mencatatkan 391 penampilan dengan menyumbang 21 gol dan 100 assist di semua ajang. Catatan impresif Alves berlanjut saat memperkuat Juventus.

Meski sudah berusia gaek, Alves mampu tampil dalam 33 pertandingan dengan menyumbang dua gol dan tiga assist.

Kini, di usianya yang sudah menginjak 36 tahun, Alves masih bermain untuk klub Brasil, Sao Paolo FC.

6 dari 7 halaman

5. James Milner ke Liverpool

James Milner pindah dari Manchester City ke Liverpool dengan status bebas transfer pada 2015. Transfer tersebut tentunya sangat mengecewakan fans.

Kala itu, Milner bisa dibilang sebagai satu di antara pemain andalan Manchester City. Selama lima musim memperkuat The Citizens, Milnet total tampil dalam 203 pertandingan dengan mengemas 19 gol dan 45 assist di berbagai ajang.

Kini pada usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Milner masih menjadi andalan Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp. Selama berseragam The Reds, Milner sudah mencatatkan 205 penampilan dengan menyumbang 26 gol dan 40 assist.

Kemudian Milner juga ikut mengantarkan Liverpool menjadi kampiun Liga Champions 2019. Kini, ia berpeluang membawa The Reds menjadi juara Premier League 2019-2020.

7 dari 7 halaman

6. Robert Lewandowski ke Bayern Munchen

Robert Lewandowski hengkang dari Borussia Dortmund secara gratis pada 2013. Menariknya, Lewandowski bergabung rival De Borussen, Bayern Munchen.

Namun, kala itu performa Lewandowski bisa dibilang belum sebaik sekarang. Kini, bersama Die Rotten, pemain asal Polandia itu menjelma menjadi satu di antara predator bagi lini belakang lawan.

Sejauh ini, dari 269 penampilan bersama Bayern Munchen, Lewandowski sudah mencetak 223 gol dan 50 assist. Kemudian pemain berusia 31 tahun itu juga ikut membantu tim menyumbang lima gelar Bundesliga, dua Piala Jerman dan tiga Piala Super Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.