Sukses

4 Tim Liga 1 2020 yang Punya Dua Kiper dengan Kualitas Setara

Jakarta Kompetisi Liga 1 2020 segera dimulai pada akhir Februari 2020. Itu artinya para klub kontestan hanya memiliki waktu kurang lebih satu bulan untuk persiapan.

Para kontestan Liga 1 2020 bersiap dengan mendatangkan pemain untuk menambal sederet kekurangan sepanjang kompetisi tahun lalu. Beberapa klub mampu mengamankan tanda tangan pemain incarannya, tapi ada pula yang sebaliknya.

Hingga kini bursa transfer Liga 1 2020 masih berjalan. Beberapa rumor transfer masih beredar di kalangan klub yang akan ambil bagian pada ajang kasta tertinggi liga Indonesia tersebut.

Transfer-transfer kejutan menghiasi sejumlah klub Liga 1 2020. Pemain-pemain yang pindah secara mengejutkan tersebut tak hanya dari posisi lini serang, melainkan juga lini belakang seperti kiper.

Bahkan, beberapa klub mendatangkan kiper dengan kualitas sama dengan penjaga gawang yang sudah ada. Jarang memang sebuah klub berkonsentrasi untuk mempunyai kiper yang sama kualitasnya.

Biasanya dalam sebuah klub antara kiper utama dan cadangan mempunyai perbedaan kualitas mencolok. Namun, beberapa kontestan Liga 1 2020 justru mempunyai dua kiper yang mempunyai kualitas setara.

Berikut ini kontestan Liga 1 2020 yang mempunyai dua kiper dengan kualitas setara.

 

2 dari 5 halaman

Persija Jakarta

Saat ini Persija Jakarta mempunyai empat pemain yang mengisi sektor penjaga gawang. Keempat kiper tersebut ialah Andritany Ardhiyasa, Shahar Ginanjar, Adixi Lenzivio, dan Risky Sudirman.

Musim lalu, Andritany menjadi kiper utama klub berjuluk Macan Kemayoran itu. Kualitas Andritany di bawah mistar tentunya tak perlu diragukan lagi.

Andritany bukan hanya menjadi pilihan utama Persija, melainkan juga Timnas Indonesia. Sementara, Shahar Ginanjar musim lalu kerap tampil reguler saat Andritany mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Dengan pengalaman yang dimiliki, kualitas Shahar Ginanjar bisa dibilang tak jauh berbeda dengan Andritany. Sebelum bergabung dengan Persija, Shahar pernah menjadi bagian PSM Makassar dan Persib Bandung.

Selain itu, Shahar Ginanjar pernah membela Timnas Indonesia U-23 dan senior pada 2014.

3 dari 5 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung resmi mendatangkan Teja Paku Alam untuk mengarungi Liga 1 2020. Dengan masuknya Teja, klub berjuluk Maung Bandung itu kini memiliki lima penjaga gawang.

Sebelumnya, Persib sudah memiliki I Made Wirawan, M. Nastshir, Dhika Bhayangkara, dan Aqil Savik. Namun, dua di antara empat kiper tersebut akan dipinjamkan ke Bandung United.

Bergabungnya Teja Paku Alam tentunya membuat sektor penjaga gawang Persib makin solid. Persib Bandung mempunyai kiper yang kualitasnya bisa dibilang setara.

Teja Paku Alam merupakan penjaga gawang utama saat memperkuat Sriwijaya FC dan Semen Padang. Selain itu, Teja kerap dipanggil Timnas Indonesia, terutama pada ajang Piala AFF 2016.

Di sisi lain, sebelum Teja bergabung, Persib sudah memiliki I Made Wirawan. Kiper kelahiran Bali itu kerap tampil reguler di bawah mistar Persib dalam beberapa musim terakhir.

Pada Liga 1 2020, baik Teja maupun Made Wirawan tentunya akan saling unjuk kebolehan di depan pelatih kiper, Luzinho Passos. Patut ditunggu tentunya siapa yang akan mengisi pos penjaga gawang Persib Bandung di Liga 1 2020.

4 dari 5 halaman

Madura United

Saat ini Madura United mempunyai empat penjaga gawang untuk mengarungi Liga 1 2020. Keempat kiper tersebut ialah Muhammad Ridho Djazulie, Satria Tama Hardianto, Muhammad Ridwan, dan Fawaid Ansory.

Musim lalu, Muhammad Ridho sering tampil reguler di bawah mistar Madura United. Performa apiknya membuat eks kiper Borneo FC itu mendapat panggilan dari Timnas Indonesia di bawah asuhan Simon McMenemy.

Selain Ridho, Satria Tama kerap bergantian mengisi pos penjaga gawang. Seperti halnya Muhammad Ridho, Satria Tama juga beberapa kali harus mengikuti agenda Timnas Indonesia U-22 pada ajang international tahun lalu.

Kiper kelahiran Sidoarjo itu merupakan bagian penting Timnas Indonesia U-22 saat menjuarai Piala AFF U-22 2019 pada Februari silam.

5 dari 5 halaman

Bali United

Bali United secara mengejutkan mendatangkan Nadeo Argawinata dari Borneo FC untuk mengarungi Liga 1 2020. Hampir tak ada rumor yang menyebutkan kiper kelahiran Kediri itu akan merapat ke klub berjuluk Serdadu Tridatu itu.

Nadeo bisa dibilang merupakan penjaga gawang utama Borneo FC sepanjang musim lalu. Dengan bergabungnya Nadeo, Bali United mempunyai dua kiper berlabel timnas.

Penjaga gawang utama Bali United musim lalu, Wawan Hendrawan sempat dipanggil timnas senior Indonesia di bawah asuah Simon McMenemy. Wawan juga dipercaya tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Sementara Nadeo Argawinata ikut menjadi bagian timnas Indonesia U-23 saat meraih medali perak pada ajang SEA Games 2019 di Filipina lalu.

Dengan kualitas yang sama, tentunya publik akan bertanya-tanya siapa kiper utama Bali United musim depan. Namun, bukan tidak mungkin keduanya akan bergantian, karena Bali United tidak hanya tampil di Liga 1 2020.

Bali United juga akan berjuang di Piala AFC 2020. Pada ajang tersebut, Serdadu Tridatu tergabung di Grup G bersama Ceres-Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam), dan Svay Rieng (Kamboja).

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Yus Mei, Published 28/1/2020)

Loading
Artikel Selanjutnya
Final Piala Gubernur Jatim 2020: Persija Jakarta Bakal Diangkut Rantis
Artikel Selanjutnya
Persebaya vs Persija: Panitia Sediakan 24 Ribu Tiket