Sukses

Barcelona Harus Mulai dari Nol Lagi Setelah Dua Kegagalan di Liga Champions

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona selalu menjadi unggulan juara di Liga Champions. Namun dalam dua musim terakhir, wakil Spanyol tersebut selalu tersingkir dengan tragis.

Kegagalan tragis Barcelona yang pertama terjadi pada perempat final Liga Champions 2017-19, di mana mereka dipertemukan dengan AS Roma. Waktu itu, satu kaki Barcelona sudah menapak di semifinal usai menang 4-1 pada leg pertama.

Sialnya, Barcelona justru kalah dengan skor 0-3 pada leg kedua. Skor agregat antara kedua tim tersebut seimbang 4-4, tetapi Roma dinyatakan sebagai pemenang berkat regulasi gol tandang.

Hal yang serupa kembali terjadi pada musim lalu, di mana Barcelona mencapai semifinal. Barcelona menang 3-0 di leg pertama, kemudian dihantam empat gol tanpa balas di pertemuan kedua.

 

2 dari 4 halaman

Memulai dari Awal

Sebagai bintang Barcelona, Lionel Messi jelas merasakan pengalaman tersebut secara langsung. Walaup sudah berlalu, rasa sakit kegagalan itu masih membekas dalam hati Messi.

"Sejujurnya, rasanya selalu ada," ujar peraih enam trofi Ballon d'Or tersebut dalam sebuah acara, seperti yang dikutip dari Goal International.

"Namun kami harus memulai dari awal. Ini adalah tahun baru, kompetisi yang baru. Tentu saja kami harus belajar dari kesalahan, tapi juga berpikir soal masa sekarang dan masa depan."

"Kami harus melupakan apa yang terjadi pada tahun lalu dan tahun sebelumnya lagi, adalah sebuah kesalahan jika masih memikirkan soal itu," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Lolos ke 16 Besar

Di musim ini, Barcelona sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar. Mereka tampil dominan di fase grup dan tak menelan kekalahan sama sekali dari enam laga yang dimainkan.

Barcelona menuju ke babak 16 besar sebagai juara Grup F dengan raihan 14 poin, hasil dari empat kemenangan dan dua hasil imbang. Unggul empat poin dari penghuni posisi dua, Borussia Dortmund.

Dalam laga terakhirnya, yang berlangsung pada hari Rabu (11/12/2019) kemarin, mereka menuai kemenangan atas Inter Milan dengan skor 2-1. Kemenangan itu sendiri mengantarkan Inter ke ajang Liga Europa.

Sumber: Goal International

Disadur dari Bola.net (Penulis Yaumil Azis, Published 12/12/2019)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dapat Dispensasi, Barcelona Resmi Boyong Martin Braithwaite
Artikel Selanjutnya
Liga Champions: Barcelona Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Napoli