Sukses

Bonus Atlet Berprestasi SEA Games 2019 Lebih Besar

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi di SEA Games 2019. Besarannya segera ditentukan karena Indonesia melampaui target pada ajang di Filipina.

Meski begitu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan nilai bonus untuk atlet berprestasi SEA Games 2019 lebih besar dari sebelumnya. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

"Pemberian bonus kepada atlet merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Presiden mengapresiasi kerja keras para atlet dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," kata Menpora, dilansir Antara.

Pada SEA Games 2019 di FIlipina, Indonesia menempati peringkat empat klasemen akhir perolehan medali. Kontingen Garuda memetik 72 emas, 84 perak, dan 11 perunggu. Tuan rumah menjadi juara umum dengan perolehan 149 emas, 117 perak, dan 121 perunggu.

Meski begitu, Indonesia melampaui target medali. Menpora menetapkan 45 emas, dengan CdM dan NOC Indonesia sebesar 54 emas. Harapan Jokowi meraih 60 emas juga tercapai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berat Masuk 2 Besar

Komandan kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara mengakui finis di urutan kedua pada klasemen medali SEA Games 2019 Filipina sesuai target Presiden Joko Widodo memang berat.

Apalagi Indonesia hanya ikut 80 persen dari 530 nomor yang dipertandingkan. Indonesia juga lemah di cabang olahraga Olimpiade yakni atletik dan Renang.

"Dari partisipasi saja saja kita sudah tertinggal dengan negara lain yang turun di semua nomor. Sementara Thailand dan Vietnam menguasai nomor cabang olahraga mother of sport seperti atletik dan renang. Di situ banyak medali," ungkap Harry Warganegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.