Sukses

Ingin Jantung Sehat hingga Usia Tua? Ini 5 Tips Menjaganya

Di Indonesia, penyakit jantung hingga kini masih menjadi momok masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, penyakit jantung hingga kini masih menjadi momok masyarakat. Di Negeri ini, pasien penyakit jantung rata-rata berusia 56 tahun. Sedangkan di negara Asia lainnya seperti Filipina, usia rata-rata pasien jantung adalah 54 tahun, Taiwan 63 tahun, Korea Selatan 63 tahun, Jepang 65 tahun, dan Hong Kong 68 tahun.

Menurut penelitian dari National Heart Centre Singapore (NHCS), orang Asia mengalami penyakit jantung 10 tahun lebih muda dibanding dengan orang yang berada di belahan bumi barat.

"Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah setengah dari kasus penyakit kardiovaskular terjadi di Asia," ucap Vice President Medical Affairs Nutrition Education Herbalife Nutrition, Kent L. Bradley dalam rilis yang diterima Health-Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Nah, guna menjaga jantung tetap sehat, melakukan gaya hidup sehat itu penting. Berikut lima tips menjaga kesehatan jantung untuk kehidupan sehat di masa depan.

 

Saksikan Video terkait Jantung di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pahami risiko kesehatan

Kunci menjaga kesehatan jantung adalah mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri. Usahakanlah untuk mengecek secara rutin kesehatan Anda.

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko nomor satu penyakit kardiovaskular. Karena itu, sangat penting untuk memeriksanya secara teratur.

3 dari 6 halaman

2. Setop merokok

Mengurangi kebiasaan merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jantung. Karena merokok dapat merusak lapisan pembuluh arteri, yang menyebabkan penumpukan kandungan lemak dan mempersempit pembuluh darah.

 

4 dari 6 halaman

3.Diet Sehat

Konsumsi kalori yang ideal harus terdiri dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, 30 persen lemak jahat, dan 25 gram serat. Jangan lupa, minum minimal delapan gelas air per harinya.

 

5 dari 6 halaman

4. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya jauh dari sekadar menurunkan berat badan. Olahraga dapat membantu pembuluh darah agar rileks dan melebar.

Olahraga juga dapat membuat darah mengalir lebih efisien dan menyehatkan jantung. Untuk memulai gaya hidup yang sheat, usahakan setidaknya melakukan 30 menit aktivitas fisik.

6 dari 6 halaman

5. Kurangi stres berlebih

Stres dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi jantung. Stres dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, makan berlebih, kurang berolahraga, atau merokok berlebih.

Mengalami stres jangka panjang juga dapat menyebabkan tubuh mengalami peningkatan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

"Pada akhirnya, gaya hidup yang sehat dan aktif bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Mulailah dari sekarang untuk melakukan satu demi satu tips yang ada. Agar jantung tetap kuat sekarang dan dalam beberapa dekade mendatang," ucap Bradley.

Penulis: Diviya Agatha/Benedikta Desideira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.